Mari Kita Berikan Contoh Dampak Positif Globalisasi bagi Masyarakat!

Berikan Contoh Dampak Positif Globalisasi bagi Masyarakat

Semakin mudahnya berkomunikasi dan penggunaan teknologi membuat kehidupan manusia menjadi semakin mudah. Hal ini merupakan salah satu yang dapat berikan Contoh Dampak Positif Globalisasi bagi Masyarakat. Tentu hal tersebut dapat sangat jelas kita semua rasakan.

Globalisasi merupakan suatu proses integrasi nasional yang terjadi karena adanya pertukaran pandangan dunia, pemikiran, produk, serta aspek-aspek kebudayaan lainnya. Sesuatu yang besar tentu dapat berikan contoh dampak positif globalisasi bagi masyarakat.

Kemajuan infrastruktur telekomunikasi dan transportasi merupakan faktor utama dalam globalisasi sebagai sesuatu hal yang mendorong untuk saling bergantung satu sama lain dalam budaya dan aktivitas ekonomi.

Berikan contoh dampak positif globalisasi bagi masyarakat dapat Anda temukan dalam ulasan artikel kali ini. Meski sebagian pihak mengungkapkan bahwa era modern adalah awal dari globalisasi, namun beberapa pakar berpendapat bahwa proses ini terjadi sebelum zaman penemuan eropa.

Istilah ini semakin sering kita gunakan, terlebih sejak Dana Moneter Internasional (IMF)  melakukan identifikasi empat aspek dasar dari globalisasi, yaitu transaksi dan perdagangan, pergerakan modal dan investasi, perpindahan manusia dan migrasi, dan pembebasan ilmu pengetahuan.

Bagi Anda yang telah memahaminya, tentu Anda akan dapat berikan contoh dampak positif globalisasi bagi masyarakat. Proses yang besar ini juga mendatangkan tantangan-tantangan terhadap lingkungan, seperti polusi air, perubahan iklim, dan polusi udara. Sehingga dapat Anda pahami bahwa globalisasi memiliki dampak yang besar yang kita pengaruhi dan mempengaruhi tata kerja, ekonomi, lingkungan alam, dan sumber daya sosial budaya. 

Dampak Globalisasi

Dampak Globalisasi

Pemirsa, proses ini tidak hanya mengakibatkan kemajuan saja sebagai akibat baiknya, namun juga memiliki akibat yang buruk di beberapa bidang. Hal ini lah yang dapat kita sebut dengan dampak globalisasi

Kata globalisasi berasal dari bahasa asing globalization yang berarti proses penyebaran unsur-unsur yang baru, baik pemikiran, gaya hidup, informasi, hingga teknologi. Hal ini karena kemajuan teknologi, mulai dari komunikasi hingga transportasi.

Globalisasi dapat memberikan implikasi yang mencakup dalam banyak hal, seperti politik ideologi, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan. Terlepas dari definisi umumnya, proses yang besar ini juga memiliki dampak yang harus kita perhatikan. Globalisasi memiliki dampak negatif, namun juga dampak positif.

Dampak tersebut dapat mempengaruhi tatanan kehidupan yang ada pada sekitar. Sebagai sebuah proses yang menyeluruh, dampak ini kita rasakan oleh berbagai negara, tidak terkecuali Indonesia.

Dampak Positif Globalisasi Bagi Indonesia

Dampak Positif Globalisasi Bagi Indonesia

Dampak positif merupakan dampak baik yang dapat kita rasakan atau dapat juga sebut sebagai keuntungan dari proses tersebut. Seperti pada umumnya, sebagian besar peristiwa tentu memiliki sebuah dampak atau akibat.

Dampak positif globalisasi bagi Indonesia adalah bermula dari majunya bidang teknolog dan komunikasi, kedua bidang tersebut merupakan penggerak dari proses ini, yang seolah menghipnotis sektor-sektor penting yang lain dalam kehidupan, seperti ekonomi, sosial budaya, politik, dan lainnya. Berikut ini adalah beberapa dampak positif dari globalisasi:

  • Perubahan perilaku dan tata nilai
    Masyarakat yang awalnya memiliki pola pikir yang irasional kini berkembang menjadi pemikiran rasional.
  • Teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin berkembang
    Banyak hal menjadi lebih sederhana setelah semakin majunya teknologi dan ilmu pengetahuan
  • Meningkatnya taraf hidup
    Semakin terbukanya industri merupakan salah satu jalan untuk mengurangi pengangguran, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat
  • Meningkatkan pembelajaran tentang nilai sosial budaya
    Hal ini dapat meningkatkan etos kerja yang tinggi, disiplin, bekerja keras, rasional, sportif dan lain sebagainya.
  • Perdagangan nasional semakin maju
    Indonesia akan dapat bersaing dengan produk luar negeri, terutama hasil laut, hasil bahari, bahan tambang, dan tekstil
  • Mendapatkan keuntungan geografis
    Perusahaan asing memilih membangun perusahaannya ke negara berkembang karena mempertimbangkan kepentingan geografis

Itulah yang dapat Anda ketahui tentang dampak baik atau positif dari proses globalisasi. Tentu Anda juga merasakannya, bukan? Dengan adanya banyak hal baik tersebut, hendaklah kita sebagai manusia dapat memanfaatkan itu dengan baik.

Apa saja Dampak Negatif dari Globalisasi Bagi Masyarakat?

Apa saja Dampak Negatif dari Globalisasi Bagi Masyarakat?

Perlu Anda ketahui juga, bahwa dampak tak hanya memberikan hal positif saja, namun juga hal yang kurang baik atau dampak negatif. Hal ini tak dapat dipungkiri, bahwa hal negatif juga akan selalu dirasakan. Apa saja dampak negatif dari globalisasi bagi masyarakat?

Globalisasi juga memiliki dampak negatif antara lain:

  • Masuknya produk dari luar negeri
    Hal ini dapat menimbulkan adanya persaingan, khususnya dalam hal teknologi. Masyarakat akan mengenal berbagai produk dari luar negeri, seperti mobil, barang elektronik, dan lainnya.
    Terlebih lagi, Indonesia termasuk negara yang tinggi dengan penduduk, sehingga selalu menjadi sasaran pemasaran produk luar negeri. Harga dari produk luar negeri yang semakin murah, membuat produk dalam negeri menjadi tersisih.
  • Semakin menipisnya nilai budaya
    Dunia yang semakin modern lama-kelamaan akan mengikis nilai budaya, secara tidak sadar meninggalkan budayanya dan terpengaruh oleh budaya modern, seperti gotong royong dan solidaritas.
  • Perubahan gaya hidup
    Pertukaran budaya dapat memberikan dampak baik dan buruk. Dampak buruk dapat berupa gaya hidup konsumtif dan modern yang berlebihan. Selain itu, gaya hidup individualis dan materialistis juga menjadi gaya hidup yang tidak baik hingga mengabaikan nilai agama.
  • Semakin bergantung dengan negara maju
    Negara berkembang juga menjadi dampak dari globalisasi, karena belum siapnya negara tersebut untuk menghadapi perubahan yang besar karena kurangnya sarana juga prasarana dari bidang ekonomi yang masih kurang,
    Sehingga, hal-hal tersebut menjadikan banyak negara berlomba untuk mengimbangi kemajuan tersebut dengan melakukan pinjaman modal ke negara lain yang lebih maju. Inilah yang membuat suatu negara berkembang semakin bergantung ke negara lain.
  • Sumber daya alam yang semakin dieksplor
    Industri baru yang lahir akan menimbulkan kerjasama antar negara, dimana dari kerjasama tersebut akan timbul sikap saling memenuhi kebutuhan hingga akan berdampak pada eksploitasi yang berlebihan dari suatu negara.
    Hal tersebut banyak menimbulkan kerusakan dan pencemaran pada lingkungan, seperti polusi yang terjadi hingga dapat mengganggu kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya.
  • Sempitnya lapangan pekerjaan
    Ledakan tenaga kerja akan mengundang sebagian orang yang ahli dalam bidangnya tertarik untuk mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan. Namun, bagi mereka yang kurang dianggap ahli akan tersingkir karena persaingan yang ketat karena juga banyaknya tenaga kerja asing yang masuk.

Penutup

Banyak sekali dampak negatif dari globalisasi yang menjadi hambatan untuk mengikuti perkembangan zaman yang semakin dirasakan oleh banyak pihak. Namun, sebagai masyarakat kita harus jeli dalam menyaring segala kemajuan yang masuk.

Karena perubahan tidak selalu memberikan dampak yang yang baik, namun juga dampak buruk bagi siapapun yang merasakannya. Sebagai generasi muda yang nantinya menjadi pewaris bangsa tetap harus senantiasa mengambil sisi positif dari perubahan dan kemajuan yang terjadi, sebagai dampak dari globalisasi.

Demikian artikel kali ini. Semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.