Mari Kita Jelaskan Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi!

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kehidupan manusia di zaman yang semakin maju ini, teknologi tak dapat dipisahkan dari keseharian. Kemajuan teknologi saat ini sangat berkembang pesat. Tentu bukan sesuatu hal yang sulit bagi sebagian orang untuk jelaskan pengertian teknologi informasi dan komunikasi. Bagaimana dengan Anda?

Teknologi telah mempengaruhi masyarakat serta lingkungan sekitar untuk terus mengikuti perkembangan zaman. Melalui teknologi ini dapat membantu banyak kepentingan dalam berbagai bidang, salah satunya untuk memperbaiki ekonomi. Karena itu, jelaskan pengertian teknologi informasi dan komunikasi penting untuk dipahami sebagai hal yang melekat dengan kita.

Berdasarkan yang tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata teknologi berarti suatu metode ilmiah untuk mencapai suatu tujuan, ilmu pengetahuan, maupun keseluruhan sarana yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan demi keberlangsungan dan kenyamanan kehidupan manusia. Artikel kali ini akan membahas tentang jelaskan pengertian teknologi informasi dan komunikasi

Sebelumnya, mari kita pahami tentang kata teknologi terlebih dahulu.  Kata tersebut berasal dari Bahasa Yunani, technologia yang artinya keahlian (techno) dan pengetahuan (logia). Namun, jika didefinisikan secara umum, merupakan penerapan dari pengetahuan ilmiah untuk mencapai tujuan dalam kehidupan manusia, perubahan, dan manipulasi kehidupan manusia.

Teknologi merupakan hasil dari perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang berkembang semakin laju. Jelaskan pengertian teknologi informasi dan komunikasi akan diulas secara lengkap pada ulasan di bawah ini, untuk lebih memudahkankan Anda untuk memahami beberapa hal tentang teknologi informasi dan komunikasi. 

Apa yang Dimaksud dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi?

Apa yang Dimaksud dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi?

Kedua teknologi tersebut jelas telah memberikan pengaruh yang besar terhadap perbaikan ekonomi dan sosial, seperti ketersediaan lapangan kerja dan meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik. Apa yang dimaksud dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi?

Teknologi informasi merupakan suatu perancangan, studi, implementasi, dukungan, pengembangan, atau manajemen sistem informasi yang berbasis komputer. Teknologi ini memanfaatkan komputer dan perangkat lunaknya untuk menyimpan, melindungi, memproses, dan mendapatkan informasi secara aman.

Sejauh ini, hal tersebut menjadi hal yang penting karena sudah banyaknya kelompok yang menerapkan teknologi ini untuk mendukung segala kegiatannya. Selain itu, juga berguna untuk pengelolaan informasi, karena semakin meningkatnya kompleksitas tugas manajemen, adanya pengaruh globalisasi, dan kebutuhan respon yang cepat, serta tekanan yang timbul karena persaingan bisnis.

Teknologi Informasi Mempunyai Beberapa Fungsi

  • Capture dan Processing
    Yaitu menangkap suatu data, lalu mengolah atau memproses data yang diterima untuk menjadi sebuah informasi yang dibutuhkan. Pengolahan ini dapat berupa konversi, perhitungan, analisis, dan sintesis dari segala bentuk informasi.
  • Generating
    Menghasilkan informasi menjadi berguna, misalnya tabel, grafik, dan lainya.
  • Storage
    Menyimpan atau merekam informasi dan data yang nantinya dapat digunakan untuk kebutuhan lainya, misalnya disimpan ke harddisk.
  • Retrieval
    Menyalin data dan juga informasi yang sebelumnya sudah tersimpan.
  • Transmission
    Mengirim data dan juga informasi dari suatu lokasi ke lokasi yang lain yang dilakukan melalui jaringan komputer.

Teknologi informasi bertujuan untuk menyelesaikan suatu masalah, meningkatkan kreativitas dan juga efisiensi serta efektivitas pekerjaan. Sehingga, pekerjaan akan lebih mudah terselesaikan. Manfaatnya adalah berperan dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, industri atau bidang bisnis lainnya. Suatu bisnis jika tanpa teknologi, maka tidak akan mampu mengimbangi kemajuan dari pesaingnya.

Teknologi informasi dan komunikasi merupakan setiap kegiatan yang berkaitan dengan pengolahan, pemrosesan, penyimpanan, serta pemindahan informasi melalui suatu media. Keduanya menggabungkan teknologi dan teknik elektronik untuk mengelola pengetahun dan informasi apapun.

Pemanfaatan secara langsung dapat kita rasakan salah satunya adalah pada layanan kesehatan dan juga akses komunikasi yang semakin mudah atau pada peningkatan pembangunan infrastruktur dan ekonomi.

Jelaskan Apa yang Dimaksud dengan Komunikasi?

Jelaskan Apa yang Dimaksud dengan Komunikasi?

Tentu Anda sangat mengenal dekat dengan komunikasi. Karena sadar atau tidak, kita melakukan hal tersebut setiap harinya untuk bertukar kabar hingga suatu informasi. Jelaskan apa yang dimaksud dengan komunikasi?

Komunikasi merupakan proses berpindahnya suatu pesan atau informasi dari satu orang ke orang yang lain. Hal ini adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Dengan ini, manusia akan dapat dengan mudah untuk saling berhubungan dalam berbagai bidang. Berasal dari communication yang berarti “menyampaikan”.

Komunikasi terbagi menjadi dua jenis, yaitu lisan dan tertulis. Jika dilakukan secara lisan, maka dapat terjalin langsung tanpa ada jarak, seperti wawancara kerja. Sedangkan, tertulis dilakukan dengan media yang ditulis, seperti chatting.

Adapun komunikasi yang dilakukan dengan maksud dan tujuan tertentu, seperti pemberian saran dan kritik, pidato, memberikan perintah, dan ceramah.

Tujuannya adalah untuk memberikan informasi atau pengetahuan kepada orang lain, sehingga dapat memberikan pengaruh, seperti perubahan, seperti mempengaruhi pemikiran, perubahan sikap, dan memicu seseorang untuk melakukan suatu hal.

Teknologi komunikasi adalah suatu sistem peralatan dari perangkat keras yang dibuat karena adanya kendala dari sisi politik, sosial, dan ekonomi yang berperan untuk mengatasi, mempermudah, dan mengumpulkan informasi.

Perkembangan teknologi yang dapat kita saksikan dengan jelas adalah penggunaan smartphone, dimana dahulu orang hanya dapat menggunakan telepon rumah atau bahkan hanya berkirim surat. Dengan adanya teknolog komunikasi yang lebih maju ini tentu akan lebih memudahkan manusia untuk bertukar informasi.

Apa yang Dimaksud dengan Komputer?

Apa yang Dimaksud dengan Komputer?

Sejauh ini, kita telah membicarakan banyak hal tentang teknologi informasi dan komunikasi, dimana keduanya tak jauh dengan penggunaan perangkat lunak dan perangkat keras, salah satunya adalah komputer untuk semakin menunjang teknologi tersebut. Apa yang dimaksud dengan komputer?

Komputer merupakan suatu perangkat elektronik yang dapat dilakukan pemrograman untuk menerima data yang mentah sebagai input, lalu memprosesnya untuk dapat menghasilkan output. Alat ini dirancang untuk dapat menjalankan suatu aplikasi dan menyediakan penyelesaian masalah  melalui perangkat keras dan perangkat lunak dan dikombinasikan.

Perangkat lunak merupakan seperangkat instruksi, program, atau data yang dapat digunakan untuk menjalankan komputer dan menjalankan tugas tertentu. Sedangkan, perangkat keras lebih mengacu kepada instrumen fisik yang membentuk komputer atau sistem elektronik yang berwujud dalam bentuk fisik. 

Adapun jenis-jenis komputer, yakni:

  • Komputer laptop
    Yaitu alat yang bertenaga baterai dan dapat membawanya kemana saja
  • Komputer desktop
    Komputer ini digunakan di atas meja, biasanya memiliki beberapa bagian dan banyak digunakan dalam kantor, rumah, dan sekolah
  • Komputer tablet
    Yaitu, sejenis komputer portable yang menggunakan layar sensitif dan lebih portabel dari laptop
  • Server
    Merupakan salah satu jenis komputer yang menyediakan informasi yang dapat dipindahkan ke komputer yang lain melalui suatu jaringan.

Pemirsa, tentu Anda termasuk pengguna komputer juga, bukan? Hal ini merupakan sesuatu yang wajar sebagai pengaruh dari perkembangan zaman yang semakin pesat. Jika kita tidak mengikutinya, justru kita akan tertinggal dari yang lain. 

Demikian artikel kali ini, Pemirsa. Semoga membantu!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.