Mediasi Artinya Apa sih? Mari Kita Cari Tahu!

Mediasi Artinya

Halo semuanya, apa kabar kalian semua? Saat kalian di sekolah kalian pernah mendengar kata mediasi? Sebenarnya kata ini itu apa? Lalu mediasi artinya apa sih? Apa fungsinya? Kata ini artinya adalah cara menyelesaikan sengketa melalui proses perundingan untuk memperoleh kesepakatan dari para pihak dengan dibantunya oleh mediator.

Mediator adalah Hakim atau pihak lain yang sudah memiliki sertifikat mediator sebagai pihak dalam proses perundingan guna mencari berbagai kemungkinan penyelesaian sengketa tanpa harus menggunakan cara memutus atau memaksakan sebuah penyelesaian. Setelah mengetahui mediasi artinya sekarang apa ciri mediasi?

Ciri – ciri utama proses ini adalah perundingan yang esensinya sama dengan proses musyawarah atau konsensus. Sesuai dengan hakikat perundingan atau musyawarah atau konsensus, maka tidak boleh ada paksaan untuk menerima atau menolak sesuatu gagasan atau penyelesaian selama proses ini berlangsung. 

Apa yang Dimaksud dengan Mediasi dalam Sosiologi?

Apa yang Dimaksud dengan Mediasi dalam Sosiologi?

Setelah mengerti arti tentang proses ini lalu apa yang dimaksud dengan mediasi dalam sosiologi? Maksudnya itu tidak jauh beda dengan proses ini yang di atas namun di sini saya akan menjelaskan dengan lebih detail hingga tujuan dan contohnya.

Mediasi adalah usaha pengendalian konflik yang melibatkan suatu pihak ketiga sebagai penasihat dalam menyelesaikan konflik. Pihak ketiga ini sering disebut mediator. Berperan sebagai penasihat atau perantara antara kedua belah pihak yang sedang mempunyai konflik.

Mediator ini adalah sebagai pihak ketiga yang posisinya berada di tengah – tengah dan memiliki sifat netral. Peran mediator ini salah satunya adalah berupaya menemukan sejumlah kesepakatan, agar mencapai hasil yang memuaskan antara dua belah pihak tersebut yang terlibat dalam konflik.

Ini memiliki tujuan utama yaitu mencapai perdamaian di antara dua belah pihak yang bertikai atau yang sedang berkonflik. Namun, seringkali pihak yang berselisih sulit mencapai kata sepakat dalam menyelesaikan masalahnya.

Dalam hal ini, proses ini bertujuan untuk mempertemukan pihak yang berkonflik atau sedang bertikai, guna menyaring permasalahan dan berupaya menciptakan perdamaian, dan keuntungan untuk kedua belah pihak tersebut. 

Apa Contoh dari Mediasi?

Apa Contoh dari Mediasi?

Setelah memperjelas apa itu proses ini dan apa tujuannya sekarang apa contoh dari mediasi? disini saya akan memberikan beberapa contoh dari proses ini yang akan mempermudah kalian. 

  1. Guru akan menjadi pihak ketiga atau mediator saat ada anak murid yang sedang berkelahi, dan tugas guru adalah mendamaikan anak murid tersebut yang sedang berkonflik. 
  2. Ketua RT akan menjadi pihak ketiga atau mediator saat ada warga yang sedang berkonflik, dan ketua RT harus mempunyai sifat yang netral untuk mencapai tujuan untuk mendamaikan warga yang sedang berkonflik. 
  3. Indonesia menjadi pihak ketiga atau mediator yang memiliki sifat netral saat kamboja dan vietnam terlibat dalam sebuah konflik. 

Itulah beberapa contoh yang bisa membantu kalian untuk mengenal apa itu mediasi. 

Apa saja Ciri Ciri Mediasi?

Apa saja Ciri Ciri Mediasi?

Setelah mengetahui contoh dari mediasi sekarang kita akan membahas apa saja ciri ciri mediasi? 

  • Adanya pihak ketiga yang bersifat netral dan imparsial. Maksudnya adalah dalam hal ini bahwa tidak terlibatnya ataupun tidak terikat dalam masalah yang mereka masalahkab. Netral dan imparsial artinya juga tidak memihak dan tak bias.
  • Penyelesaian konflik ini pihak yang sedang bertikai atau yang berkonflik lakukan, dan juga harus menerima tanpa adanya sebuah paksaan dari pihak manapun.

Penutup

Jadi itulah penjelasan dari mediasi artinya adalah penyelesaian sebuah konflik yang menggunakan pihak ketiga sebagai pihak yang memiliki sifat netral. Semoga bermanfaat untuk kalian semua. Sampai jumpa! 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.