Membahas Apa Itu Improvisasi? Apa Tujuannya?

Apa itu improvisasi

Dalam hidup pasti kita pernah menghadapi situasi yang tidak terduga yang memaksa kita untuk melakukan improvisasi. Kali ini Mimin akan menjelaskan apa itu improvisasi? Sejelas apapun rencana hidup yang sudah kalian pikirkan, pasti ada suatu saat kehidupan akan berjalan tidak sesuai dengan rencana kalian, dan kalian dipaksa siap tidak siap untuk menghadapi situasi yang tidak terencanakan itu.

Apa Arti Kata Dari Improvisasi?

Apa Arti Kata Dari Improvisasi?

Imrpovisasi adalah kata serapan dari Bahasa Inggris, yaitu improve. Lalu, apa arti kata dari improvisasi? Apa itu improvisasi adalah mengembangkan atau menambah-nambahkan. Secara umum ini adalah suatu kegiatan tanpa persiapan untuk melakukan atau membuat sesuatu saat itu juga dengan cara yang kreatif dan berbeda dari biasanya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, apa itu improvisasi adalah pembuatan sesuatu berdasarkan bahan yang seada-adanya.

Kata ini lazimnya digunakan oleh para musisi. Contoh sederhananya ketika seorang penyanyi membawakan sebuah lagu, namun penyanyi tersebut menyanyikan lagunya dengan cara yang tak biasa, seperti dia menambahkan nada-nada tinggi pada bagian akhir lagu. Nada-nada tinggi tersebut memberikan kejutan yang menarik bagi para pendengarnya. Sehingga lagu yang dinyanyikan terdengar lebih menarik dan indah. Hal ini termasuk dengan improvisasi karena penyanyi tersebut menyanyikan lagu dengan cara yang kreatif dan berbeda pada umumnya.

Apa yang Harus dilakukan Untuk Bisa Melakukan Improvisasi?

Apa yang Harus dilakukan Untuk Bisa Melakukan Improvisasi?

Kemampuan improvisasi seharusnya sudah termiliki oleh setiap manusia secara alami, tapi jika kita melakukan latihan-latihan untuk kemampuan ini tentunya akan membuahkan hasil berbeda jauh. Orang yang melakukan latihan pasti bisa melakukan hal ini jauh lebih baik daripada yang tidak. Kira-kira apa yang harus dilakukan untuk bisa melakukan improvisasi? Simak ulasannya dibawah ini!

  1. Tidak Melakukan Perencanaan

Sejatinya improvisasi adalah melakukan sesuatu tanpa adanya rencana, jadi tentu saja kalian harus mencoba tidak melakukan perencanaan dalam hidup kalian selama satu hari saja. Kemampuan beradaptasi akan keadaan kalian akan meningkat secara tidak langsung. Latihan ini akan membuat kalian lebih santai dalam menghadapi tantangan dalam hidup yang di luar dugaan kalian, dan harapannya kalian dapat menyelesaikannya dengan baik. Memang awalnya akan terasa begitu sulit untuk melakukannya, tapi percaya bahwa tubuh dan otak kalian akan cepat beradaptasi untuk menyelesaikan tantangan tersebut.

  1. Fokus Kepada Kehidupan Diri Sendiri

Hal yang kedua adalah kita harus fokus kepada diri kita, karena dengan begitu kita bisa mengenal diri kita jauh lebih baik dari sebelumnya. Kita jadi bisa mengetahui hal apa yang terbaik bisa lakukan pada saat situasi genting dan tidak terduga terjadi di depan mata kalian. Fokus kepada diri sendiri juga bisa membantu kita untuk menilai lebih baik dimana letak kesalahan yang kita perbuat. Sehingga kita bisa belajar dari kesalahan itu dan berusaha menjadi pribadi yang lebih baik.

Apa Tujuan dari Latihan Improvisasi?

Apa Tujuan dari Latihan Improvisasi?

Sesuai dengan apa itu improvisasi yang sudah Mimin sampaikan tadi, kemampuan ini melatih tubuh kita secara tidak sadar terbiasa dengan tantangan-tantangan yang muncul dengan tiba-tiba di depan mata kita. Pertanyaannya adalah apa tujuan dari latihan improvisasi? Tentu saja bila kita bisa menguasai kemampuan ini, kehidupan kita dapat berjalan dengan lebih baik, nyaman, dan tanpa beban. Berikut adalah tujuannya, seperti:

  1. Menciptakan daya pikir yang inovatif dan kreatif.
  2. Melatih diri kita agar terbiasa dengan masalah hidup yang akan datang.
  3. Mendorong kemampuan memecahkan masalah dalam hidup.
  4. Membuat hidup lebih nyaman tanpa beban.

Demikianlah pembahasan Mimin tentang apa itu improvisasi. Kemampuan ini merupakan salah satu hal penting yang harus kita asah dan miliki dalam menjalani hidup. Namun tetapi harus ingat dengan tujuan akhir hidup kalian.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.