Membedah Apa Itu Jumpscare? Apa Esensi Jumpscare?

Apa Itu Jumpscare

Bagi para pencinta film bergenre horror pastinya sudah akrab dengan istilah jump scare. Apa itu jumpscare adalah teknik dalam pembuatan film yang bertujuan untuk mengejutkan penonton. Teknik ini sering kita temui di dalam film horror, namun di zaman sekarang teknik jump scare dapat kita temui di berbagai macam video hingga game. Salah satu contohnya adalah konten video youtube yang membahas tentang hal horror, mistis, mitos dan lain-lainnya sudah banyak yang menggunakan teknik ini.

Penulisan yang Benar Jumpscare or Jump Scare

Jumpscare or Jump Scare

Nampaknya masih banyak orang yang bingung tentang penulisan jumpscare or jump scare. Mayoritas orang pasti akan menuliskan jumpscare, namun sayangnya ini adalah penulisan yang salah, dan penulisan yang benar adalah jump scare. Jump scare terdiri dari dua kata Bahasa Inggris, yaitu jump yang artinya loncat, dan scare yang berarti takut. Jadi apa itu jumpscare secara bahasa adalah teknik dalam pembuatan film yang bertujuan untuk mengejutkan penonton hingga tersontak kaget dengan cara perubahan gambar yang terjadi secara tiba-tiba.

Memang teknik ini merupakan nilai plus tersendiri yang ada di dalam film horror. Sebuah film horror bisa termasuk sukses apabila di dalamnya terdapat jump scare yang bagus. Memang teknik ini sangat menegangkan dan mengejutkan penonton, tapi justru inilah yang para penonton cari. Biasanya adegan jump scare berawal dengan ciri-ciri, seperti perubahan suara, gambar, dan suasana film yang tiba-tiba menjadi sangat menegangkan dan mencekam. Walaupun sudah mengenali ciri-ciri apa itu jumpscare, nampaknya teknik yang muncul secara mendadak ini hampir selalu sukses membuat kita terkejut ketakutan.

Di era sekarang, jump scare tidak hanya digunakan dalam industri perfilman, namun juga merambat ke ranah video youtube bahkan game. Tak jarang kita temui, para youtuber horror Indonesia sudah pandai menggunakan teknik ini demi bisa membangun nuansa horror di video mereka. Tak hanya itu, jump scare juga banyak terjadi di dalam game, terutama di game genre horror. Biasanya teknik ini diawali dengan suara yang tiba-tiba mengecil, layar menjadi gelap, dan…… BOOM! Sebuah jump scare akan terpampang dengan jelas di depan layar kalian.

Artinya dalam Bahasa Gaul

Arti Jumpscare dalam Bahasa Gaul

“Awas banyak jump scare,” kalimat ini pastinya sudah pernah kalian dengar sebelumnya. Ya memang benar, karena popularnya teknik ini membuat para remaja sering mengucapkan kata jump scare. Kira-kira apa arti jumpscare dalam bahasa gaul? Arti jump scare dalam bahasa gaul sebenarnya tidak ada bedanya dengan makna sebenarnya dari kata ini. Apa itu jumpscare bermakna sebagai teknik dalam adegan film yang dapat membuat kita kaget ketakutan. Teknik ini banyak sekali dilakukan oleh film dan game yang bergenre horror, sehingga istilah jump scare sendiri jadi sering diucapkan oleh para remaja.

Jumpscare Warning

Jumpscare Warning

Jump scare sendiri dapat menyebabkan paranoid kepada beberapa orang. Mereka yang merasakan paranoid setelah melihat adegan jump scare akan merasa seperti dihantui dengan adegan yang baru saja mereka tonton, terlebih jika yang mereka tonton adalah film horror. Untuk itu biasanya dalam konten video youtube terdapat jumpscare warning. Jump scare warning ini bertujuan untuk memberi tahu kalian bahwa sebentar lagi akan muncul jump scare, jadi bagi kalian yang tidak ingin melihat adegannya dapat memalingkan wajah ataupun memejamkan mata kalian sebentar. Namun jump scare warning ini hanya terdapat di beberapa konten video youtube, tidak di film horror.

Itu dia pembahasan Mimin mengenai apa itu jumpscare. Sangat menarik bukan? Teknik ini membuat film dan game bergenre horror terasa lebih seru dan menegangkan bagi para penontonnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.