Mengenal Apa Itu Adm dalam Dunia Kerja?

apa itu Adm

Belakangan ini banyak kata-kata yang sering kita dengar dan tentunya memiliki banyak makna yang berbeda. Salah satunya kata “Adm” ini, yang ternyata memiliki beberapa arti loh. Kata ini bisa berkaitan dengan dunia kerja, dan disatu sisi bisa berkaitan dengan bahasa gaul. Dalam dunia kerja Adm diartikan sebagai Adminitrasi, dan didalam bahasa gaul kata ini bermakna artis dunia maya. Namun, paka artikel ini, kita akan membahas lebih jauh tentang apa itu Adm dalam dunia pekerjaan. Berikut ulasannya!

Apa Arti ADM dalam Pekerjaan?

Apa Arti ADM dalam Pekerjaan?

Telah kita ketahui apa itu Adm dan beberapa artinya yang ternyata memiliki beberapa makna yang berbeda. Namun, kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang apa arti ADM dalam pekerjaan? Ini pembahasannya!

Adm diartikan sebagai administrasi (admin) dalam dunia pekerjaan. Pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Walaupun sering dianggap remeh dan gampang, ternyata pekerjaan ini sangatlah penting perannya dalam berlangsungnya suatu kegiatan operasional sebuah perusahaan.

Admin merupakaan pekerjaan yang tugasnya memastikan atau mengorganisir setiap pekerjaan yang yang sifatnya administratif dalam sebuah perusahaan agar dapat berjalan dengan baik.

Apa Saja Pekerjaan di Bagian Administrasi?

Apa Saja Pekerjaan di Bagian Administrasi?

Setelah mengetahui apa itu Adm dalam pekerjaan dan juga pengertiannya, maka kita juga perlu mengetahui dan membahas lebih dalam tentang perkejaan seorang staf administrasi ini. Lantas, apa saja pekerjaan di bagian administrasi?

Pekerjaan yang dilakukan oleh staf administrasi sangatlah luas, mulai dari mengetik sampai mengkoordinasi jadwal perusaahn suapaya semua itu berjalan dengan baik dan lancar. Berikut ini merupakan beberapa pekerjaan yang harus dipertanggung jawabkan oleh pada pekerjaan ini.

  • Membuat agenda kantor

Ini termasuk kedalam pekerjaan admin yang paling penting. Misalnya dalam membuat jadwal meeting dengan pihak internal, mengatur sebuah pertemuan, dan juga tugas lainnya.

  • Mengelola dokumen perusahaan

Tugas ini juga pekerjaan staf administrasi. Contohnya, mengelola dokumen keuangan, catatn  harian, notulensi sebuah rapat, dan lain sebagainya.

  • Membuat surat

Membuat surat juga termasuk dalam tugas pekerjaan ini, contohnya dalam membuat surat keperluan kantor, yaitu surat perintah kerja, surat perpanjang kontrak, surat penawaran barang dan jasa, surat penjualan, dan surat-surat lainnya.

  • Melakukan entry data

Seperti yang kita kenal, staf administrasi sangat butuh untuk mengetik, mengoreksi dan juga mengedit data perusahaan. Contoh entry datanya yaitu data transaksi dari klien, data konsumen, dan data-data lainnya.

  • Melakukan pengarsipan data

Pada tugas ini, gunanya menyusun dan mengumpulkan dokumen, kemudian merekap datanya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan perusahaan dalam mengelola data.

  • Memastikan persediaan ATK kantor

Memastikan dan mencatat persediaan alat tulis kantor juga termasuk dalam tugas pekerjaan ini. Meskipun terihat sederhana, namun ketersediaan alat tulis kantor sangatlah penting supaya kegaiatan di kantor dapat berlangsung dengan baik.

  • Menyiapkan akomodasi dan tiket perjalanan dinas

Melakukan perjalanan dinas keluar kota tentunya wajar untuk karyawan kantor. Oleh sebab itu, staf administrasi inilah yang bertugas dalam menyiapkan tiket perjalanan tersebut.

Berapa Gaji Seorang Admin?

Berapa Gaji Seorang Admin?

Kita telah mengetahui apa itu Adm, pengertian Adm dalam pekerjaan, dan juga pekerjaan yang bagian administrasi lakukan. Tentunya akan terbesit dalam pikiran kita pertanyaan tentang berapa gaji seorang admin? Dengan begitu kompleks pekerjaan yang ia pertanggung jawabkan.

Berdasarkan survei, besar gaji seorang admin adalah Rp.6.720.758, dan ini merupakan gaji di daerah DKI Jakarta. Besaran gaji ini tentunya berbeda-beda pada setiap daerah dan juga setiap perusahaan. Hal itu tergantung skala perusahaan, pengalaman pekerjaan, dan UMP ataupun UMK daerah manapun kita bekerja.

Demikianlah pembahasan tentang apa itu Adm hingga gaji seorang admin, semoga pembahasan ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.