Mengenal Apa Itu Akumulasi

Apa Itu Akumulasi

Kata accumulation tentunya sudah tak lazim di telinga kita, terutama untuk kamu yang anak ekonomi. Secara sederhana, apa itu akumulasi adalah tambahan secara berkala. Kaalian pasti sudah sering mendengar kata yang satu ini ketika sedang belanja, menabung, dan lain sebagainya. Kata ini memang identik dengan kegiatan ekonomi keuangan. Namun, sudah tahukah kamu dengan apa itu akumulasi yang sebenarnya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Penjelasan dan Apa Kata Lain dari Akumulasi?

Apa Kata Lain dari Akumulasi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, apa itu akumulasi adalah kegiatan penimbunan, pengumpulan, penghimpunan seperti modal, bunga, laba, dan lain sebagainya. Sedangkan secara umum, kata ini dapat diartikan sebagai kegiatan mengumpulkan sesuatu dengan tujuan menghasilkan jumlah yang lebih besar atau tinggi di kemudian hari. Pada bidang ekonomi, apa itu akumulasi adalah tambahan dana yang dilakukan secara berkala yang berasal dari bunga atau sumber-sumber lainnya kepada modal pokok sehingga akan menghasilkan pendapatan yang lebih besar di kemudian hari.

Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa secara garis besar kata accumulation berartikan tambahan secara berkala dengan tujuan hasil yang lebih besar di masa depan. Lalu, apakah ada sinonim atauĀ  apa kata lain dari akumulasi? Ya, di dunia ini kata accumulation memiliki banyak persamaan kata yang bermakna sama. Berikut daftarnya, yaitu:

  1. Penumpukan
  2. Penimbunan
  3. Reklamasi
  4. Pengumpulan
  5. Gabungan
  6. Penghimpunan
  7. Gugus
  8. Komposit
  9. Penyatuan
  10. Kumpulan
  11. Massa
  12. Penambahan

Jelaskan Apa yang dimaksud dengan Akumulasi Modal?

Jelaskan Apa yang dimaksud dengan Akumulasi Modal?

Accumulation sendiri memiliki banyak jenisnya sepertiĀ  modal, data, parkir, biaya, dan penyusutan. Ada banyak sekali bukan? Kali ini Mimin akan coba jelaskan apa yang dimaksud dengan akumulasi modal? Definisi dari accumulation modal sendiri adalah proses menyimpan sebagian pendapatan, lalu diinvestasikan kembali dengan tujuan untuk memperbesar jumlah atau pendapatan di kemudian hari.

Jadi kegiatan ini merupakan pengumpulan aset yang bernilai tinggi untuk masa depan, sehingga dijadikan nilai investasi dengan harapan mendapatkan nilai aset yang lebih besar di masa depan. Pengembalian yang dihasilkan dapat berupa bunga, sewa, keuntungan, royalti, dan jenis pengembalian lainnya. Kegiatan ini berfokuskan pada pertumbuhan jumlah melalui investasi dari keuntungan yang diperoleh.

Salah satu cara untuk melakukan kegiatan yang satu ini adalah dengan pembelian barang yang dipercaya dapat mendorong tingkat produksi. Kegiatan ini dapat mencakup aset yang luas, mulai dari mesin, tenaga kerja, penelitian, dan lain sebagainya.

Contoh Akumulasi

Contoh Akumulasi

Setelah membahas definisi dari apa itu akumulasi, kali ini kita akan masuk ke contohnya. Contoh akumulasi di dunia ini tentunya sangat banyak dan beragam.

Salah satu contoh kasusnya adalah ketika pemerintah Replubik Indonesia ingin menambahkan jumlah produksi pangan nasional dengan menambahkan tingkat produksi sayur dan padi.

Untuk bisa melakukan hal ini, pemerintah harus melakukan akumulasi modal, yaitu dengan cara melakukan investasi kepada infrastruktur seperti pemodalan traltor kepada petani, serta pembangunan akses jalan yang memadai.

Dengan melakukan ivestasi modal tersebut, harapan pemerintah adalah jumlah produksi pangan khususnya pada sayuran dan padi dapat mengalami peningkatan karena pemerintah sudah membenahi akses jalan dan membelikan traktor, sehingga para petani dapat bekerja secara maksimal.

Itulah ulasan Mimin mengenai apa itu akumulasi beserta jenis dan juga contoh kasusnya. Dari pembahasan di atas kita dapat menyimpulkan bahwa akumlasi adalah kegiatan pengumpulan atau penghimpunan suatu dana dengan harapan akan mendapatkan pendapatan yang lebih besar di masa depan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.