Mengenal Apa itu Glikogenesis?

Glikogenesis adalah

Metabolisme karbohidrat adalah proses pencernaan yang memecah karbohidrat untuk menghasilkan energi. Karbohidrat yang didapat oleh manusia berasal dari makanan yang dikonsumsi. Karbohidrat memengaruhi glukosa darah. Glukosa darah adalah gula yang ada dalam darah yang berasal dari karbohidrat dalam makanan. Gula ini tersimpan sebagai glikogen di hati dan otot rangka. Fungsi dari glukosa darah adalah berfungsi sebagai sumber energi tubuh dan jaringan-jaringan dalam tubuh. Kadar glukosa dalam darah dipengaruhi oleh faktor-faktor yang berbeda serta jumlah hormon insulin yang dihasilkan oleh kelenjar pankreas, sehingga hati dapat mengatur kadar glukosa dalam darah. Untuk mengatur kadar glukosa darah ini, tubuh melakukan tiga proses, yaitu glikogenesis, glikogenolisis, dan glukoneogenesis. Glikogenesis adalah salah satu proses dalam metabolisme karbohidrat. Glikogenesis adalah pembentukan glikogen dari glukosa.

Apa itu Glikogenolisis dan Glukoneogenesis?

Apa itu Glikogenolisis dan Glukoneogenesis?

Nah, apa itu glikogenolisis dan glukoneogenesis? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, glikogenesis adalah pembentukan glikogen dari glukosa dalam darah. Glikogenolisis adalah proses selanjutnya dalam metabolisme karbohidrat, di mana glikogen dipecah menjadi glukosa untuk menyediakan energi segera dan untuk mengatur kadar glukosa darah. Glikogenolisis terjadi dalam hati, dan dirangsang oleh hormon glukagon dan adrenalin. Sedangkan glikogenesis dirangsang oleh hormon insulin.

Glukoneogenesis adalah proses pembentukan glukosa dari zat yang bukan karbohidrat. Proses ini dapat terjadi pada hewan, tumbuhan, jamur, bahkan bakteri. Pada manusia, pembentukan glukosa dari sumber non-karbohidrat terjadi pada hati dan ginjal. Saat tubuh berpuasa, glikogen yang tersedia dalam tubuh akan terus-menerus berkurang. Saat ini terjadi, tubuh memerlukan glukosa dari sumber lain selain dari makanan. Di sinilah proses glukoneogenesis terjadi. Proses ini akan mengubah zat non-karbohidrat, seperti laktat, gliserol, atau asam amino menjadi glukosa.

Kapan Terjadi Proses Glikogenesis?

Kapan Terjadi Proses Glikogenesis?

Lalu, kapan terjadi proses glikogenesis? Glikogenesis adalah pembentukan glikogen. Tahap ini terjadi ketika kadar glukosa darah cukup tinggi, yang dapat menyebabkan kelebihan glukosa yang tersimpan pada sel hati dan otot. Peningkatan kadar glukosa dalam darah meyebabkan pankreas untuk mensekresikan hormon insulin. Hormon ini akan menstimulasi enzim glikogen sintase agar proses glikogenesis terjadi. Pada akhir proses, glukosa akan disimpan dalam hati dan otot dalam bentuk glikogen.

Apa Perbedaan Antara Glikolisis dan Glukoneogenesis?

Apa Perbedaan Antara Glikolisis dan Glukoneogenesis?

Nah, apa perbedaan antara glikolisis dan glukoneogenesis? Glikogenesis adalah pembentukan glikogen dari glukosa yang kita dapat dari karbohidrat yang kita konsumsi. Sedangkan, glukoneogenesis adalah pembentukan glukosa dari zat non-karbohidrat. Ada beberapa perbedaan dari dua proses metabolisme karbohidrat ini. Perbedaan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Glukoneogenesis merupakan jalur anabolik, sedangkat glikolisis adalah jalur katabolik.
  2. Glikolisis merupakan jalur eksergonik, dengan arti menghasilkan dua ATP per glukosa. Glukoneogenesis membutuhkan penambahan hidrolisis enak ikatan phosphoanhydride (empat dari ATP dan dua dari GTP) untuk membentuk glukosa.
  3. Glukoneogenesis terjadi di bagian hati, sedangkan glikolisis terjadi pada otot dan jaringan-jaringan lainnya.
  4. Glikolisis adalah proses katabolisme, sedangkan glukoneogenesis adalah proses anabolisme. Katabolisme berarti memecah zat menjadi zat kimia yang lebih sederhana. Anabolisme adalah sebaliknya, menggunakan zat-zat kimia sederhana dan menggabungkannya menjadi zat kimia yang lebih kompleks.
  5. Tujuh reaksi pertama di jalur glukoneogenesis terjadi dengan pembalikan sederhana dari reaksi dalam jalur glikolisis.
  6. Glikolisis menggunakan dua molekul ATP, akan tetapi menghasilkan empat ATP. Dengan kata lain, setiap reaksi glikolisis akan menghasilkan 2 ATP. Glukoneogenesis mengonsumsi enam molekul ATL dan mensintesis satu molekul glukosa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.