Mengenal Apa Itu Sensus? Seberapa Pentingnya Bagi Negara?

Apa Itu Sensus

Indonesia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki penduduk yang cukup banyak. Dilansir menurut Worldometer  menyatakan bahwa data jumlah penduduk Indonesia di Tahun 2022  pada bulan April tanggal 25, Jumlah penduduk Indonesia sebanyak 278. 752.361 jiwa. Wah cukup banyak. Bahkan jumlah penduduk di negara Indonesia ini merupakan jumlah 3,51% dari seluruh penduduk yang ada di dunia. Hal ini berdasarkan sensus penduduk terakhir di Tahun 2022. Pasti kalian sering mendengar apa itu sensus.

Apakah di antara kalian dapat menjelaskan apa itu sensus. Mungkin sebagian besar dari kalian sangat familiar dengan kata sensus namun  ada beberapa orang yang masih belum mengetahui apa itu sensus. Maka dari itu artikel hari ini akan membahas mengenai apa itu sensus beserta  tujuannya tersebut.

Istilah sensus pada awalnya lebih dikenal sebagai sensus penduduk atau  menghitung jumlah penduduk secara periodik. Akan tetapi penggunaan kata sensus ini tidak hanya terbatas pada ada kalimat sensus penduduk saja melainkan dapat terjangkau  dengan luas.

Apa yang dimaksud dengan Sensus Adalah ?

Apa yang dimaksud dengan Sensus Adalah ?

Secara garis besar, dapat   dijelaskan apa yang dimaksud sensus adalah ? Suatu cara terstruktur supaya mendapatkan informasi secara deskriptif tentang jumlah dari sebuah populasi. Dalam artian populasi tersebut sangat luas. Tidak hanya populasi penduduk, melainkan populasi manusia hewan, tumbuhandan lain-lain.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia juga dapat dikatakan sensus adalah Perhitungan jumlah  penduduk suatu negara serta perhitungan tingkat ekonomi dan sebagainya yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu oleh pemerintah. Misalnya  Perhitungan penduduk dilakukan dalam kurun waktu 10 tahun sekali dengan batas wilayah negara tertentu.

Sensus juga dapat disebut dengan istilah cacah jiwa. Cacah jiwa ini  biasanya dilakukan dengan cara sistem periodik. Oleh karena itu  cacah Jiwa tidak dilakukan hanya menghitung jumlah penduduk tetapi juga  dapat menghitung tingkat perekonomian atau yang disebut sensus ekonomi,  serta  perhitungan hasil tani atau yang disebut sensus pertanian.

Apa itu dan Apa Tujuan diadakannya ?

Apa itu Sensus dan Apa Tujuan diadakan Sensus ?

Dari definisi di atas dapat dikatakan tujuan utama dari sensus yaitu untuk mengetahui jumlah penduduk yang berada di wilayah perhitungan. Selanjutnya, apa itu sensus dan apa tujuan diadakan sensus ? Berikut ini adalah beberapa tujuan Perhitungan penduduk yaitu

  •   Menghitung  penduduk yang ada di wilayah perhitungan

Salah satu contohnya yaitu dilakukannya Perhitungan jumlah penduduk Indonesia. Di tahun ini pada bulan April Jumlah penduduk di Indonesia yaitu sebanyak 278. 752.361 jiwa.

  • Memperoleh data persebaran penduduk di wilayah perhitungan

Selain mencatat jumlah penduduk, tujuan perhitungan ini juga dapat mengetahui persebaran penduduk Indonesia  di berbagai kabupaten kota maupun provinsi yang tersebar luas di Indonesia.

  • Memperoleh data kependudukan

Disamping persebaran penduduk dan jumlah penduduk,  perhitungan juga mencatat data kependudukan seperti : usia, jenis kelamin, agama,  asal,l pekerjaan, serta perekonomian penduduk.

  • Memperoleh data informasi guna dalam pemberdayaan pembangunan wilayah

Selain perhitungan kependudukan juga dilakukan perhitungan  perekonomian dan pertanian. Kedua  hal ini, dilakukan untuk mengumpulkan data   dari sektor pertanian serta bisnis atau perusahaan yang ada di wilayah tersebut. Hasil dari data tersebut Dapat menggambarkan keadaanperkembangan perekonomi dan pertanian yang ada di wilayah tersebut. Selain itu, data yang diperoleh juga dapat  digunakan sebagai acuan atau dasar pengembangan dan pemberdayaan wilayah. Contohnya, pemerintah melakukan pengembangan di sektor pertanian melalui pembangunan bendungan untuk mengairi  sawah-sawah yang ada di  wilayah tersebut.

Sensus Penduduk Apa Saja ?

Sensus Penduduk Apa Saja ?

Ada beberapa jenis atau macam sensus penduduk. Lalu, sensus  penduduk apa saja ? Berdasarkan tempat tinggal sensus penduduk dibagi dua cara yaitu :

  • De facto

Cara de facto ini merupakan cara menghitung orang yang tinggal  wilayah perhitungan tersebut. Contohnya jika kalian merupakan rang yang bukan berasal dari wilayah tersebut maka dengan cara defacto kalian akan tetap dihitung.

Pada pelaksanaan metode ini petugas sensus biasanya menghitung seluruh warga yang ada di wilayah tersebut pada saat  perhitungan di perhitungan dilakukan. Oleh karena itu,  metode de facto ini memiliki kelemahan karena tidak adanya klasifikasi antara orang yang benar yang benar-benar menetap tinggal atau yang hanya sementara.

  • De jure

Metode selanjutnya adalah metode de jure metode ini menghitung penduduk yang memang benar-benar berasal dari wilayah perhitungan. Metode ini ini dapat dibuktikan dengan melihat kartu tanda penduduk yang dimiliki  penduduk. Jika kalian bukan berasal dari daerah wilayah perhitungan maka kalian tidak termasuk hitungan penduduk Dalam sistem hitungan de jure.

Perhitungan de jure ini berdasarkan  perhitungan KTP yang berasal dari daerah tersebut. Oleh karena itu pada metode ini dapat diklasifikasikan mana penduduk yang berasal dari daerah tersebut dan mana yang hanya menetap sementara.

Selain berdasarkan tempat tinggal sensus juga dibagi berdasarkan metodenya yaitu :

  •  Metode canvasser

Metode canvasser merupakan metode yang sangat kuno karena dengan metode ini petugas sensus datang ke rumah demi rumah. Serta petugas juga mengisi data penduduk berdasarkan wawancara dengan penduduk.

Metode ini memanglah membutuhkan tenaga serta waktu yang cukup banyak. Namun, dibalik kekurangannya juga memiliki kelebihan yaitu  data dan informasi yang diperoleh lebih akurat dan lebih detail.

  • Metode householder

Metode householder ini masih terbilang baru karena  baru saja dilakukan di tahun 2020.  Uh jadi sistem metode householder ini menggunakan formulir seperti kuesioner melalui daring. Oleh karena itu metode ini terbilang lebih mudah dan lebih fleksibel karena dapat dilakukan secara mandiri di manapun dan kapanpun.

Akan tetapi kekurangan dari metode ini yaitu masih membutuhkan ponsel ataupun PC serta jaringan internet untuk mengisi kuesioner yang ada. Selain itu juga informasi yang diperoleh pun menjadi terbatas dan kurang akurat.

Selain perhitungan penduduk, terdapat juga perhitungan sensus pertanian dan perekonomian. Berikut adalah penjelasannya :

  • Pertanian

Seperti yang dijelaskan tadi perhitungan ini tidak hanya dilakukan semata-mata untuk menghitung jumlah penduduk. Tetapi  juga, memperoleh suatu data termasuk pertanian. Perhitungan ini bertujuan untuk mendapatkan data statistik pertanian yang lengkap agar mendapat gambaran yang jelas mengenai struktur pertanian di Indonesia.

Selain itu perhitungan ini juga bertujuan untuk mendapat sampel dari pertanian yang dapat dijadikan sebagai landasan pengambilan sampel untuk survei pertanian secara rutin. Perhitungan  ini juga memiliki keuntungan, karena dapat memperoleh berbagai informasi mengenai pertanian. Yang nantinya, informasi dan data hasil dari perhitungan tersebut dapat digunakan  sebagai dasar untuk memperbaiki produksi pertanian.

Produksi pertanian tersebut bisa berupa : tanaman pangan,  hortikultura, serta perkebunan dan kehutanan, perikanan dan peternakan. Selain itu  juga, termasuk populasi pohon dan hewan ternak yang  diperoleh  dari survei pertanian tersebut.

  • Perekonomian

Perhitungan perekonomian ini merupakan suatu kegiatan pendataan lengkap unit usaha atau perusahaan yang berada dalam suatu wilayah  perhitungan. Data-data hasil perhitungan dan survei tersebut akan dikumpulkan dan digunakan sebagai dasar untuk mengetahui bagaimana performa  serta struktur ekonomi yang ada di wilayah tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.