Mengenal Desentralisasi Fiskal Adalah Apa?

Desentralisasi Fiskal Adalah

Indonesia terdiri dari banyak wilayah yang dibagi-bagi menjadi beberapa provinsi kemudian kota hingga desa. Hal ini membuat Indonesia melakukan kebijakan desentralisasi. Apakah teman-teman tahu desentralisasi fiskal adalah apa dan mengapa desentralisasi fiskal penting?

Desentralisasi sendiri merupakan pemberian kewenangan terhadap pemerintahan daerah yang diberikan oleh pemerintahan pusat. Terdapat tujuan dilakukannya hal ini, yaitu untuk membuat pemerintahan daerah dapat mengambil keputusan secara mandiri

Desentralisasi fiskal adalah pemberian kewenangan yang dilakukan oleh pemerintahan pusat kepada pemerintahan daerah dalam hal mengelola keuangan daerah. Hal ini membuat pemerintahan daerah haruslah mengelola keuangan daerahnya sendiri

Teori Desentralisasi Fiskal

Teori Desentralisasi Fiskal

Jika didasarkan teori desentralisasi fiskal, hal tersebut akan menunjukkan bahwa kebijakan ini merupakan kebijakan yang terbaik dan akan menjadi positif. Mulai dari pemerataan pembangunan, pertumbuhan ekonomi, akuntabilitas dan efisiensi dari daerah menjadi meningkat.

Hal itulah yang membuat pemerintahan pusat memilih untuk melaksanakan kebijakan ini dalam mengupayakan agar baik secara vertikal antara pemerintahan pusat dengan daerah dan horizontal antar daerah dapat berkembang dengan baik dan menjadi rata atau selaras.

Mengapa Desentralisasi Fiskal Penting?

Mengapa Desentralisasi Fiskal Penting?

Terdapat alasan yang menjadikan hal ini penting, yaitu agar kesejahteraan setiap warga yang ada di dalam suatu negara dapat lebih cepat terwujud. Hal ini dikarenakan pemerintahan daerah dapat mengelola daerahnya sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

Selain hal tersebut terdapat beberapa manfaat uang dimilikinya, berikut manfaat desentralisasi fiskal adalah :

  • Pembangunan menjadi lebih cepat terealisasi dan terarah sesuai apa yang masyarakat inginkan
  • Kualitas pelayanan publik meningkat
  • Partisipasi dari masyarakat dalam menentukan keputusan meningkat
  • Terjadinya kesinambungan kebijakan fiskal secara makro
  • Mengatasi ketimpangan baik secara vertikal antara pusat dan daerah atau secara horizontal antar daerah
  • Akuntabilitas, efisiensi dan efektifitas pemerintahan daerah meningkat

Apa yang dimaksud dengan Ekonomi Desentralisasi?

Apa yang dimaksud dengan Ekonomi Desentralisasi?

Selain desentralisasi fiskal terdapat desentralisasi ekonomi. Jika desentralisasi fiskal adalah pemberian kekuasaan mengenai hal-hal fiskal dari pemerintah pusat ke daerah. Sementara apa yang dimaksud dengan ekonomi desentralisasi adalah pemberian kekuasaan dari pemerintah kepada organisasi, kelompok atau perusahaan swasta dalam hal ekonomi.

Selain itu terdapat desentralisasi politik. Di dalam politik ini tidak jauh berbeda dengan yang lainnya, yang membedakannya adalah pada hal ini mengenai hal-hal yang berhubungan dengan politik.

Desentralisasi politik membutuhkan beberapa hal-hal seperti undang-undang atau reformasi konstitusi, pembentukan unit politik lokal, pengembangan dari partai politik dan dorongan kelompok atau orang-orang berkepentingan dari publik yang efektif.

Masih banyak lagi desentralisasi yang ada, sesuai bidangnya. Bahkan dalam dunia kripto dan blockchain juga ada, dengan tujuan agar membuatnya lebih aman, tidak memerlukan perantara dan membuat transaksi lebih aman.

Jika tidak dibagi-bagi maka bisa saja membuatnya menjadi rawan dan dalam melakukan sesuatu membutuhkan hal-hal seperti perantara.

Apa Pengaruh Desentralisasi Fiskal Terhadap Pembangunan Ekonomi di Daerah?

desentralisasi fiskal adalah

Pengaruh yang diberikan termasuk cukup besar. Hal ini dikarenakan pemerintahan pusat tentu tidak mengetahui apa saja yang dimiliki dan potensi daerah. Sehingga tentu lebih baik bukan jika menyerahkannya kepada pemerintahan daerah.

Pemerintahan daerah yang dapat secara langsung mengalami atau mendengar berbagai hal membuatnya menjadi lebih mengerti dan menghasilkan solusi yang lebih baik dibandingkan pemerintahan pusat.

Itu dia desentralisasi fiskal adalah apa hingga apa pengaruhnya terhadap pembangunan ekonomi di daerah. Teman-teman tidak perlu bingung lagi mengapa kebijakan di daerah yang satu dengan daerah lainnya berbeda, atau apa yang dimiliki oleh daerah yang satu terkadang tidak dimiliki daerah lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.