Mengenal Lebih Dalam Jelaskan Pengertian Email, Apa Saja Fungsinya?

jelaskan pengertian email

Di era sekarang untuk mengirim surat tidaklah sesulit dahulu, sekarang kita bisa menggunakan teknologi yang bernama Email. Hari ini Mimin akan jelaskan pengertian email beserta fungsinya. Email sendiri merupakan singkatan dari electronic mail, yang berarti surat elektronik. Sesuai dengan namanya, kita dapat mengirim surat melalui perangkat elektronik kita. Sungguh canggih bukan? Sekarang kita tidak perlu menyiapkan amplop beserta perangkonya, lalu pergi ke kantor pos dan menunggu berhari-hari untuk bisa saling bertukar surat.

Apa Pengertian Email?

Apa yang dimaksud dengan Email?

Metode pengiriman surat pada zaman dahulu tentunya sangat merepotkan. Bisa kalian bayangkan, jika pengiriman surat yang kita tuju mengalami kendala, seperti salah tulis alamat atau pindah rumah. Surat kalian akan dikirimkan kembali ke kalian, dan tentunya itu memakan waktu yang cukup lama. Namun zaman telah berubah, di masa sekarang ini kita lebih sering bertukar surat melalui email. Disini Mimin akan jelaskan pengertian email, apakah kalian tahu apa yang dimaksud dengan email? Email (electronic mail) atau yang berarti surat elektronik adalah cara pengiriman surat digital dengan jaringan internet.

Melalui perangkat seluler kalian yang terhubung dengan jaringan internet, seperti komputer, laptop, dan handphone, kalian sudah bisa bertukar surat tanpa menghawatirkan jauhnya jarak dan lamanya masa tunggu. Ya, kalian bisa mengirim surat kemana saja, dimana saja, dan kapan saja. Kalian dapat mengirim mudah mengirim surat kepada siapa saja di belahan dunia ini, dan hebatnya lagi proses pengiriman email kalian hanya memerlukan waktu beberapa detik saja. Tentu saja ini hal yang sangat menakjubkan bukan?

Jelaskan Apa yang dimaksud dengan Email Apa Saja Fungsinya?

Jelaskan Apa yang dimaksud dengan Email Apa Saja Fungsinya?

Rasanya pasti sulit membayangkan jika di masa sekarang kita masih menggunakan cara lama untuk mengirim surat, tidak dengan email. Email secara nyata memang memudahkan manusia dalam berkomunikasi di berbagai bidang, mulai dari bisnis, pekerjaan, dan lain sebagainya. Tapi bisakah kalian jelaskan apa yang dimaksud dengan email apa saja fungsinya? Berdasarkan apa yang sudah MImin jelaskan pengertian email tadi, kita dapat menyimpulkan bahwa email adalah metode pertukaran surat antar manusia dengan menggunakan perangkat seluler, seperti handphone, laptop, dan komputer yang terhubung dengan internet.

Sejatinya fungsi email secara dasar memanglah sebagai alat bertukar pesan secara digital. Namun saat ini email memiliki fungsi lain yang tak kalah pentingnya, yaitu:

  1. Alat untuk Mendaftarkan Diri di Berbagai Situs dan Media Sosial

Penggunaan media sosial memang sudah tak luput dari genggaman kita. Hampir semua media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan lain sebagainya membutuhkan alamat email kalian dalam proses pendaftarannya.

  1. Sebagai Identitas Diri secara Personal

Saat ini banyak aplikasi di internet yang membutuhkan alamat email kalian sebagai identitas ke dunia digital serta untuk memverifikasi diri kalian.

Bagaimana Cara Membuat Alamat Email Pribadi?

Bagaimana Cara Membuat Alamat Email Pribadi?

Setelah membaca yang sudah Mimin jelaskan pengertian email beserta fungsinya tadi, memang email ini merupakan sesuatu hal yang harus kita miliki di era sekarang. Bagi kalian yang belum mempunyai alamat email, penasaran dengan bagaimana cara membuat alamat email pribadi? Berikut Mimin berikan langkah-langkahnya!

  1. Buka laman www.gmail.co.id di perangkat kalian
  2. Klik Buat Akun
  3. Masukan biodata kalian, lalu klik Next
  4. Selanjutnya kalian diminta memasukan No Handphone kalian sebagai verifikasi
  5. Kemudian kalian akan menerima SMS kode verifikasi kalian
  6. Masukan kode verifikasi kalian, dan alamat email kalian sudah terbuat

 

Demikianlah pembahasan Mimin mulai dari jelaskan pengertian email sampai cara pembuatannya. Semsoga artikel ini dapat membantu kalian dalam bertukar surat digital melalui email ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.