Mengupas Apa Itu De Facto

Apa Itu De Facto

Kita pasti sebelumnya sudah pernah mendengar apa itu de facto dan de jure di pelajaran PPKN. Ya, kedua hal tersebut berkaitan erat dengan kemerdekaan suatu bangsa. Kedua kata ini memang sering disebutkan mengenai legalitas dan hukum tentang suatu hal. Secara sederhana, apa itu de facto sering digunakan untuk menjelaskan praktik yang sudah terjadi. Sedangkan, de jure merupakan segala hal dan aspek yang mengarah kepada pemerintah dan hukum.

Apa yang dimaksud Kedaulatan De Facto?

Apa yang dimaksud Kedaulatan De Facto?

Sebelum masuk ke de jure, mari kita membahas apa itu de facto terlebih dahulu. Tahukah kalian apa yang dimaksud kedaulatan de facto? De fact0 berasal dari bahasa latin yang memiliki arti sesuai dengan kenyataan atau berdasarkan kenyataan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, istilah ini berartikan menurut kenyataan yang sesungguhnya. Istilah ini merujuk kepada pengakuan suatu pemerintahan negara.

Contohnya seperti Suriah yang mengakui kedaulatan serta kemerdekaan Indonesia secara de fact0. Syarat terbentuknya suatu negara adalah terdapat rakyat, wilayah, dan pemerintah yang berdaulat. Jadi Suriah menilai Indonesia sudah memenuhi syarat untuk menjadi suatu negara yang berdaulat. Pengakuan ini berdasarkan apa yang terjadi sebenarnya di kenyataan, namun belum memiliki landasan hukum yang tertulis.

Meskipun negara yang diakui secara de fact0 belum sah di mata hukum, tapi karena memang berdasarkan kenyataannya negara tersebut sudah berdaulat dan memiliki kekuatan, negara itu berhak untuk merdeka. Secara umum, istilah ini memiliki dua jenis, yaitu:

  1. Bersifat sementara

Pengakuan suatu pihak akan kemerdekaan dan kedaulatan pihak lain berdasarkan kondisinya saat ini serta perkembangannya di masa depan. Jadi jika pihak yang diakui mengalami keruntuhan, maka pihak pengaku akan langsung mencabut pengakuannya.

  1. Bersifat tetap

Pengakuan suatu pihak akan kemerdekaan dan kedaulatan oihak lain berdasarkan kondisinya saat ini tanpa memperhatikan kondisinya di masa depan. Artinya, jika pihak yang diakui mengalami kehancuran di masa depan, maka pihak pengaku akan terus mengakui bahwa pihak itu tetap ada dan akan memperjuangkannya.

Apakah yang dimaksud dengan De Jure?

Apakah yang dimaksud dengan De Jure?

Setelah mengetahui apa itu de facto, sesuai dengan janji Mimin, maka selanjutnya kita membahas de jure. Lalu, apa yang dimaksud dengan de jure? Sejatinya de jure juga berasal dari bahasa latin yang digunakan untuk menjelaskan pengakuan terhadap suatu kondisi atau ketetapan dengan hukum-hukum yang berlaku, baik secara lokal maupun internasional.

Aspek utama dari de jure adalah legalitas hukum yang tidak berkaitan dengan kondisi di lapangan seperti apa. Jadi de jure membahas apakah suatu pihak sudah ada hukum yang mengaturnya atau belum.

Jika berkonteks tentang kedaulatan dan kemerdekaan suatu negara, maka de jure berarti apakah negara tersebut sudah memenuhi syarat-syarat untuk menjadi suatu negara yang merdeka dan diakui secara hukum yang sah oleh pihak internasional.

Disini de jure tidak mementingkan kenyataan kondisi suatu negara tersebut di lapangan, yang terpenting adalah negara tersebut sudah memiliki legalitas hukumnya.

Contoh De Facto

Contoh De Facto

Dalam prakteknya, pengakuan secara de fact0 sudah banyak terjadi dimana-mana, bahkan di Indonesia sendiri. Banyak negara yang mengakui kedaulatan dan kemerdekaan Indonesia dengan cara yang satu ini.

Salah satu contoh de facto di Indonesia, yaitu pengakuan Mesir ke Indonesia. Mesir mengakui kedaulatan dan kemerdekaan indonesia secara de facto pada Juni 1947, dan merupakan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Tak hanya itu, bahkan Mesir juga mengadakan pertemuan Liga-Liga Arab dan mengajak bangsa-bangsa Arab yang lainnya untuk mendukung Indonesia.

Demikian pembahasan Mimin mengenai apa itu de facto dan de jure. Semoga pembahasan ini dapat membantu kalian memahami hal tersebut, dan menyadarkan kita bagaimana sulitnya mendapatkan kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu, mari kita rawat dan jaga kemerdekaan Indonesia selama-lamanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.