Penasaran dengan Nama Ilmiah kelapa? Simak Artikel ini

Nama ilmiah kelapa

Kelapa merupakan salah satu buah yang ada dan tersebar di daerah tropis,  termasuk Indonesia. Kelapa  juga buah yang sangat digemari oleh banyak  orang di daerah tropis karena daerah tropis biasanya memiliki suhu  udara yang cukup panas Dan kelapa dapat diolah  menjadi berbagai minuman yang menyegarkan bahkan akhirnya dapat diminum secara langsung. Selain menyegarkan, kelapa juga Kaya akan manfaat karena mengandung banyak air  yang dapat mengganti cairan tubuh sehingga tidak mengalami dehidrasi. Namun, artikel ini  tidak berfokus  manfaat mulai membahas nama ilmiah kelapa.

Perlu kalian ketahui nama ilmiah kelapa yaitu Cocos nucifera L. Selain  nama ilmiah kelapa tadi,  pohon kelapa juga memiliki beberapa nama yaitu Coconut palm atau  coconut tree. Di negara kita Indonesia sendiri kelapa ini memiliki berbagai macam penyebutan nama. Yang pertama di daerah Aceh kelapa terkenal disebut dengan Libung,  suku Batak kelapa kelapa memiliki sebutan nama Nibung. Di daerah Mentawai dikenal sebagai Alibuk,  sedangkan di daerah Nias terkenal dengan sebutan Hoya,  berbeda lagi di Lampung disebut Kanibung,  sedangkan di daerah Sampit dikenal dengan nama Kandibong, Di daerah Jawa Barat orang Sunda menyebutnya nya Liwung,  sedangkan  menyebutnya Gendiwung. Yang  terakhir di daerah perang kelapa dikenal sebagai sebutan Handiwung.

Apa Ilmiah dari Kelapa?

Apa Ilmiah dari Kelapa?

Sebelum mengetahui apa ilmiah dari kelapa? Berikut ini adalah  ringkasan dari asal mula kelapa. Kelapa sudah ada sejak 3000 tahun yang lalu di peradaban dunia asal kelapa Ini pertama kali di Filipina dan Srilanka. Maka dari itu kelapa merupakan tumbuhan yang berasal dari daerah beriklim tropis. Nama latin atau nama ilmiah dari kelapa ini sendiri diambil dari spesies kelapa yaitu Cocos nucifera L. Nama dalam bahasa Inggris nya juga berasal dari salah satu kata nama Latinnya yaitu Cocos  yang akhirnya menjadi Coconut.

Kelapa Termasuk Genus Apa?

Kelapa Termasuk Genus Apa?

Setelah membahas nama ilmiah, kalian harus tau  kelapa termasuk genus apa? Berikut ini adalah klasifikasi dan taksonomi pohon kelapa

  1. Kingdom / kerajaan = plantae ( Tumbuhan )
  2. Sub kingdom / sub kerajaan = Tracheobionta ( Tumbuhan berpembuluh )
  3. Super divisi /  divisi super = Magnoliophyta ( tumbuhan berbunga)
  4.  Kelas =  Liliopsida ( Berkeping satu/monokotil )
  5. Sub Kelas = Arecidae
  6.  Ordo =  Arecales
  7. Famili / Keluarga =  Arecaceae ( suku pinang-pinangan )
  8. Genus / Marga = Cocos
  9. Spesies = Cocos nucifera L.

Selain memiliki klasifikasi dan taksonomi pohon kelapa juga memiliki ciri-ciri morfologi yaitu

  1. Akar

Memiliki akar berjenis serabut,Jumlah akar serabut sendiri berkisar Rp2.000 hingga Rp4.000 tergantung pada kondisi tanaman apakah sehat atau tidak. Sedangkan panjang dari akar kelapa sendiri berkisar antara 15 m  dan memiliki ketebalan hingga 1 cm

  1. batang

Batang pohon kelapa memiliki Ki satu titik tumbuh yang terletak pada ujung batang sehingga jika kita perhatikan arah tumbuh kelapa selalu mengarah ke atas dan tidak memiliki cabang.

Kelapa termasuk monokotil maka dari itu tanaman ini tidak berkambium sehingga memiliki pertumbuhan yang sekunder. Jika pohon kelapa telah mencapai umur 3 hingga 4 tahun maka daun-daun  dan akan berguguran serta ukuran batang telah mencapai ukuran maksimal besar tebalnya.

  1. Daun

Daun  kelapa memiliki struktur yang terdiri atas pelepah daun, tulang poros daun ,serta helaian daun. Biasanya daun kelapa memiliki  bentuk bersirip dan dan helaian daunnya berjumlah genap berkisar antara 100 hingga 130 lembar daunAtau berjumlah 50 hingga 65 pasang daun.

Cocos Nucifera Kingdom Apa?

Cocos Nucifera Kingdom Apa?

Setelah kita bahas mengenai nama ilmiah kelapa atau nama latin kelapa di atas. Maka  dapat  kalian ketahui,  Cocos nucifera Kingdom apa? Cocos nucifera atau yang dapat disebut pohon kelapa termasuk kingdom plantae atau tumbuhan dan memiliki subkingdom  Tracheobionta atau yang dapat disebut juga tumbuhan berpembuluh.

Sekian artikel kali ini semoga menambah pengetahuan kalian mengenai  Pohon kelapa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.