Pengertian Tentang Jelaskan Ciri Khas Rumah Adat Betawi

Jelaskan Ciri Khas Rumah Adat Betawi

Indonesia memiliki banyak rumah adat daerah yang menjadi ciri khas di wilayah masing-masing. Hal tersebut berlaku untuk menyimbolkan, bahwa budaya di daerah tersebut berkembang. Salah satunya yakni rumah adat Betawi, yang memiliki corak bangunan ciri khas sendiri. Kali ini, saya akan membahas tentang jelaskan ciri khas rumah adat Betawi, sebagai bahan wawasan anda untuk mengenal rumah adat di daerah ibu kota Indonesia.

Jelaskan ciri khas rumah adat Betawi yakni memiliki bangunan ornamen yang unik dan mempunyai makna filosofi yang berkaitan dengan sejarah. Di jaman dulu, istilah nama Betawi berasal dari kata Batavia, sebutan dari kota Jakarta di jaman sebelum kemerdekaan. Nah, untuk informasi lebih lengkapnya tentang jelaskan ciri khas rumah Betawi, simak ulasan di bawah ini.

Apa Ciri Khas yang Dimiliki Oleh Rumah Kebaya?

Apa Ciri Khas Yang Dimiliki Oleh Rumah Kebaya?

Rumah Kebaya adalah nama dari salah satu jenis rumah adat Betawi. Selain itu, memiliki 3 jenis lainnya, yakni rumah Joglo, Gudang, dan Panggung. Rumah kebaya baru muncul pada tahun 1930 zaman kolonial Belanda.

Asal usul dari adat tersebut yakni gabungan dari semua penduduk Indonesia, seperti Makassar, Bali, Jawa, Sunda yang di datangkan oleh pihak Belanda ke daerah Batavia. Oleh karena itu, mereka menjalin hubungan satu sama lain melewati jalur pernikahan di Batavia, sekaligus menjadi asal mula penduduk Betawi.

Lalu, apa ciri khas yang dimiliki oleh Rumah Kebaya? Rumah kebaya terinspirasi dari pakaian adat kebaya, yang memiliki bentuk pakaian pelana yang dilipat ke samping. Berikut jelaskan ciri khas rumah adat Betawi, antara lain :

  • Memiliki teras yang luas

Teras luas digunakan untuk menjamu tamu dan bersantai bersama keluarga.

  • Memiliki atap yang menyerupai pelana

Bagian atap rumah Betawi memiliki bentuk seperti pelana yang dilipat, hampir menyerupai lipatan kebaya.

  • Terdapat adanya srondoyan

Srondoyan adalah istilah nama dapur rumah tradisional. Memiliki letak posisi di belakang rumah yang terdiri dari, ruang makan, kamar mandi, dan gudang.

  • Tempat pangkeng

Pangkeng adalah tempat bersantai untuk keluarga sendiri, yang posisi letaknya berada di luar rumah. Jadi, pada jaman dulu, orang-orang tidak pernah berkumpul bersama keluarga di dalam rumah, hanya di pangkeng.

  • Biasanya di bagian belakang rumah tersebut, terdapat makam keluarga.
  • Rumah kebaya memiliki kamar sebanyak 4 ruangan. Untuk bagian tuan rumah, memiliki ruangan yang cukup luas.

Apa Saja Bagian Rumah Adat Betawi?

Apa Saja Bagian Rumah Adat Betawi?

Apa saja bagian rumah adat Betawi? Rumah kebaya memiliki desain bangunan yang di bagi menjadi 2 bagian, yakni area umum dan area pribadi. Area umum terdiri dari teras dan ruang tamu. Di bagian teras, terdapat meja dan kursi untuk tamu.

Sedangkan di bagian area pribadi, terdapat ruangan kamar, makan, belakang rumah dan dapur. Untuk ruangan pribadi, jika ingin memasuki nya harus izin terlebih dahulu.

Apa yang Dimaksud Arti Rumah Adat Betawi Jelaskan?

Apa Yang Dimaksud Arti Rumah Adat Betawi jelaskan?

Apa yang dimaksud arti rumah adat Betawi jelaskan? Rumah adat Betawi adalah jenis rumah daerah yang berasal dari masyarakat Betawi dan termasuk salah satu simbol ciri khas daerah tersebut.

Rumah adat tersebut perlu dilestarikan, karena termasuk warisan dari nenek moyang kita terdahulu. Bangunannya memiliki filosofi dan makna sendiri, seperti rumah kabaya memiliki pondasi yang terbuat dari susunan batu, bukan semen. Tujuan tersebut untuk menahan bangunan agar menjadi tegak dan kokoh.

Nah, itulah sekilas informasi mengenai pengertian jelaskan ciri khas rumah adat Betawi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.