Penjelasan Mendalam Tentang Apa Itu Tarbiyah!

Apa Itu Tarbiyah

Sebelumnya mungkin dari beberapa kalian sudah pernah mendengar istilah apa itu tarbiyah. Istilah yang satu ini memang sangat erat hubungannya dengan pendidikan Islam. Para ulama-ulama besar mengartikan istilah ini sebagai proses mengembangkan atau menumbuhkan sesuatu dengan satu tahap demi satu tahap hingga mencapai titik kesempurnaan.

Berdasarkan prakteknya tarbiyah sendiri adalah proses penyampaian atau pemberian ilmu kepada anak-anak dengan tujuan membentuk kepribadian dan ketakwaan yang baik.

Apa yang Dimaksud dengan Tarbiyah?

Apa yang Dimaksud dengan Tarbiyah?

Tarbiyah berasal dari Bahasa Arab yaitu robba-yarbu yang artinya berkembang dan bertambah. Lalu, apa yang dimaksud dengan tarbiyah? Apa itu tarbiyah adalah proses mengantarkan sesuatu (biasanya ilmu) dengan sedikit demi sedikit demi menuju titik kesempurnaan. Definisi tersebut berdasarkan tafsir dalam surat Al-Fatihah, yang asal katanya adalah Ar-Rabb.

Menurut penjelasan dari Imam Al-Baidhawi, ia mengatakan bahwa Ar-Rabb merupakan istilah yang bermakna tarbiyah, yaitu menyampaikan sesuatu hingga sampai ke titik kesempurnaan. Tafsiran inipun kembali kita uraikan ke dalam lima pengertian tentang apa itu tarbiyah, antara lain:

  1. Sesuatu yang kita lakukan dengan tahapan-tahapannya sejalan dengan kehidupan yang kita jalani, dan tidak berhenti pada batas tertentu.
  2. Tujuan terpenting dalam hidup, baik untuk seseorang maupun kelompok, karena tujuan akhir dari tarbiyah adalah kemakmuran bagi umat manusia.
  3. Menyampaikan sesuatu demi mencapai kesempurnaan. Cara penyampaiannya dapat berbeda-beda sesuai dengan cara pembentukannya.
  4. Sesuatu yang kita lakukan secara sedikit demi sedikit dan bertahap oleh seorang pendidik. Memiliki keahlian yang pandai memotivasi dan kemampuan yang baik merupakan kunci keberhasilan dari tarbiyah.
  5. Menentukan tujuan yang sesuai dengan persiapan serta batas kemampuan kita untuk mencapai kesempurnaan.

Penjelasan Mendalam

Berdasarkan karya Prof. Dr. H. Abuddin Nata dalam bukunya yang berjudul Pendidikan dalam Perspektif Alquran, ada beberapa nama ulama-ulama khusus yang mempelajari apa itu tarbiyah, diantaranya, seperti Ibnu Taimiyah, Muhammad Quthb, Ibn Sina, al-Ghazali, Ibn Khaldun, Ibn Jama’ah, al-Almawi dan masih banyak lagi. Mereka semua meyakini bahwa dasar paling hakiki tentang istilah ini dijelaskan di dalam al-quran, tepatnya pada surat Ali Imran ayat 79 yang berbunyi:

مَا كَانَ لِبَشَرٍ اَنْ يُّؤْتِيَهُ اللّٰهُ الْكِتٰبَ وَالْحُكْمَ وَالنُّبُوَّةَ ثُمَّ يَقُوْلَ لِلنَّاسِ كُوْنُوْا عِبَادًا لِّيْ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ وَلٰكِنْ كُوْنُوْا رَبَّانِيّٖنَ بِمَا كُنْتُمْ تُعَلِّمُوْنَ الْكِتٰبَ وَبِمَا كُنْتُمْ تَدْرُسُوْنَ ۙ

Artinya: Tidak mungkin bagi seseorang yang telah diberi kitab oleh Allah, serta hikmah dan kenabian, kemudian dia berkata kepada manusia, “Jadilah kamu penyembahku, bukan penyembah Allah,” tetapi (dia berkata), “Jadilah kamu pengabdi-pengabdi Allah, karena kamu mengajarkan kitab dan karena kamu mempelajarinya!”

Kata rabbaniy memiliki arti orang yang sempurna takwa dan ilmunya. Selain itu, kata rabbaniy juga berkaitan erat dengan kegiatan memberikan ilmu, seperti pendidikan. Dengan demikian, makna kata rabbaniy pada ayat di atas adalah orang-orang yang mempunyai ilmu pengetahuan yang mendalam dan menyampaikan ilmu yang ia miliki kepada orang lain.

Sejatinya tarbiyah dalam Bahasa Arab itu terdiri dari tiga suku kata, yaitu

  1. Tanmiyat, yang berarti pembangunan, pengembangan, dan penumbuhan, sehingga tujuannya adalah membangun pribadi manusia menjadi lebih baik.
  2. Tansyiatun, memiliki arti penumbuhan, peningkatan, pengembangan, dan pendidikan.
  3. Ishlahul, yang berarti perbaikan. Maka tarbiyah bertujuan untuk melakukan perbaikan dan membangun pribadi manusia menjadi lebih baik.

Apa itu Tarbiyah dan Contohnya?

Apa itu Tarbiyah dan Contohnya?

Tarbiyah bisa menjadi penyemangat sendiri bagi umat Muslim, apalagi jika umat muslim tersebut sedang mengalami lemah iman, mereka bisa kembali beristiqomah melalui tarbiyah. Kegiatan ini tentunya memiliki contoh yang sangat banyak dalam prakteknya di dunia nyata, kira-kira apa itu tarbiyah dan contohnya? Simak ulasannya berikut ini. Sejatinya tarbiyah sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis, yaitu:

  1. Ruhiyah
    Kegiatan ini bertujuan untuk mendidik dan membina rohani kita agar dapat menjalani hidup dengan tenang dan damai. Contohnya adalah menghormati dan mengagungkan segala perintah Allah SWT, rajin melakukan introspeksi diri, serta memperbanyak salat dan zikir.
  1. Imaniyah
    Bertujuan untuk mendidik iman kita, dan membuat hati kita semakin teguh dalam beriman kepada Allah SWT. Contohnya adalah Menghindari riya dalam berucap, selalu berdoa kepada Allah SWT, selalu mengingat kematian dan akhirat, serta selalu bersyukur dalam keadaan apapun yang kita alami.
  1. Athifiyah
    Bertujuan untuk mendidik perasaan kita menjadi motivasi yang kuat bagi diri kita, seperti kegembiraan, kesedihan, naluri, cinta, dan ketakutan. Contohnya adalah bersungguh-sungguh dalam berdoa kepada Allah SWT. Menanamkan dalam diri kita bahwa cinta kepada Allah SWT merupakan tuntutan iman. Memiliki kesadaran penuh atas karunia dan nikmat yang Allah SWT berikan.
  1. Fikriyah
    Bertujuan untuk mendidik pikiran kita, agar kita dapat membedakan antara yang baik dan buruk, serta yang hina dan yang mulia. Contohnya adalah rajin membaca al-quran dan melakukan tafakkur.
  1. Ijtima’iyah
    Bertujuan untuk mendidik kita dalam bermasyarakat, agar dapat membangun pendidikan bermasyarakat yang baik. Contohnya adalah masyarakat membuat kotak amal untuk masjid dan rajin mengisinya setiap minggu,
  1. Khuluqiyah
    Bertujuan untuk mendidik dan menyempurnakan akhlak manusia. Contohnya adalah tidak terjerumus ke dalam sesuatu yang sifatnya duniawi, membiasakan diri melakukan kegiatan baik, dapat membedakan akhlak yang buruk dengan yang baik.
  1. Jinsiyah
    Bertujuan untuk mencari tahu faedah dari seks dalam Islam. Contohnya adalah membiasakan mata kita untuk menghindari hal yang berbau zina, dan mencari tahu bahaya-bahaya yang dapat timbul dari perbuatan zina.
  1. Badaniyah
    Bertujuan mendidik, menjaga, memenuhi, dan memperhatikan hak-hak jasmani umat manusia secara sempurna, contohnya adalah berolahraga, pemenuhan gizi, dan pemulihan sewaktu sakit.
  1. Iradiyah
    Bertujuan untuk agar para manusia memiliki kecintaan terhadap sesuatu yang ingin mereka capai atau cita-cita mereka, sabar dalam menjalaninya dan selalu mengingat akhir yang akan mereka raih, serta membangun jiwa yang bersungguh-sungguh. Contohnya adalah Sungguh-sungguh dalam menerima ilmu yang kita pelajari, mencari sumber-sumber ilmunya, dan membiasakan diri untuk mengembangkan ilmu yang kita dapat.

Jurusan Tarbiyah Mempelajari Apa saja?

Jurusan Tarbiyah Mempelajari Apa saja?

Ilmu tentang kegiatan tarbiyah dapat kita pelajari di perkuliahan loh teman-teman. Contohnya adalah fakultas yang ada di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Universitas Islam Negeri (UIN) yang menamai fakultas keguruan mereka dengan tarbiyah.

Penasaran jurusan tarbiyah mempelajari apa saja? Mahasiswa jurusan tarbiyah tentu saja harus mempelajari banyak hal tentang kegiatan menyampaikan ilmu yang baik dan benar, berikut program studi yang harus dipelajari, yaitu:

  1. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
  2. Program Studi Pendidikan Agama Islam
  3. Program Ekstensi (Transfer)
  4. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
  5. Program Studi Tadris Bahasa Inggris
  6. Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
  7. Program Studi Tadris Matematika

Penutup

Demikianlah penjelasan Mimin tentang tarbiyah. Dari penjelasan Mimin diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa apa itu tarbiyah adalah proses pengembangan, pemberian, penyampaian, dan bimbingan ilmu pengetahuan, yang dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan kepada orang lain hingga mencapai titik kesempurnaan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.