Penjelasan Mengenai Apa Sajakah Interaksi Yang Terjadi Dalam Lingkungan Alam

Apa Sajakah Interaksi Yang Terjadi Dalam Lingkungan Alam

Manusia tidak bisa lepas dengan lingkungan hidup yang ada disekitarnya. Sebagai salah satu ciptaan makhluk hidup, akan selalu berdampingan dengan tumbuhan, hewan dan lingkungan sosial. Hubungan lingkungan hidup dengan manusia harus seimbang, jika tidak, akan mengakibatkan dampak pada manusia itu sendiri. Lalu, apa sajakah interaksi yang terjadi dalam lingkungan alam?

Interaksi manusia dengan lingkungan alam yakni saling membutuhkan satu sama lain, seperti manusia berusaha bercocok tanam padi untuk kebutuhan hidup dan lingkungan meresponnya melalui, menyuburkan padi dengan memanfaatkan kandungan tanah yang ada di dalamnya.

Selain itu, apa sajakah interaksi yang terjadi dalam lingkungan alam yakni menebang pohon dengan cara penebangan terpilih, agar tidak terjadi penggundulan liar. Interaksi manusia dengan lingkungan ada dua sisi, yakni dapat mengubah dan dapat dipengaruhi lingkungan.

Interaksi Apa Saja Yang Terjadi Dalam Lingkungan Alam?

Interaksi Apa Saja Yang Terjadi Dalam Lingkungan Alam?

Setelah memberikan sedikit wawasan mengenai apa sajakah interaksi yang terjadi dalam lingkungan alam. Selanjutnya, kalian tau  interaksi apa saja yang terjadi dalam lingkungan alam? Simak berikut ini.

Pada dasarnya, lingkungan memberikan kehidupan pada manusia, sebagai sumber sandang dan pangan sehari-hari. Interaksi manusia dengan alam yakni sebagai komponen kehidupan. Mengapa demikian? Karena alam menyediakan tempat tinggal untuk para manusia berkembang biak.

Di dalam lingkungan alam, terdapat dua komponen yakni biotik dan abiotik. Komponen biotik adalah komponen yang hidup dan bernyawa, seperti laut, gunung, sungai, hutan, dan sebagainya.

Sedangkan komponen abiotik adalah komponen yang tidak hidup, alias tidak memiliki nyawa, seperti udara, tanah, air, dan matahari.

Apa Saja Contoh Interaksi Manusia Dengan Alam?

Apa Saja Contoh Interaksi Manusia Dengan Alam?

Apa saja contoh interaksi manusia dengan alam? Berikut beberapa contoh dari interaksi manusia dan alam, antara lain :

  • Berbagai jenis tanaman yang tumbuh, mengikuti jenis tanah dan jenis hewan di lingkungan tersebut.
  • Daerah yang memiliki tumbuhan yang rimbun, akan mempunyai kualitas udara yang segar dan lebih bersih.
  • Sebaliknya, jika tidak ada tanaman yang hidup, pastinya tumbuhan tidak dapat menghasilkan kualitas oksigen yang baik.
  • Sinar matahari akan membantu kegiatan manusia sehari-hari, seperti mengeringkan pakaian, mengeringkan bahan pokok makanan, dan kegiatan lainnya.
  • Jenis tanah dalam suatu wilayah, akan mempengaruhi subur tidaknya sebuah tanaman.
  • Sinar matahari akan membantu tumbuhan untuk proses fotosintesis.
  • Hewan kecil cacing akan membantu proses pertumbuhan pada tanaman, dengan cara hidup di dalam tanah.

Apa Saja Jenis jenis Interaksi Antara Makhluk Hidup?

Apa Saja Jenis jenis Interaksi Antara Makhluk Hidup?

Nah, sekarang kalian sudah mengetahui tentang apa sajakah interaksi yang terjadi dalam lingkungan alam benar bukan. Untuk berikutnya, apa saja jenis jenis interaksi antara makhluk hidup? Interaksi antara makhluk hidup memiliki beberapa jenis, antara lain :

  • Dapat beradaptasi dengan lingkungan. Dalam hal ini, manusia dapat beradaptasi langsung dengan tempat yang ditinggalinya. Selain untuk kebutuhan hidup, manusia dapat bertahan dengan membuat beberapa sistem canggih untuk membantu berkembang.
  • Ketergantungan pada lingkungan. Sebagai manusia tidak dapat bertahan hidup tanpa lingkungan, misal membutuhkan tanah, air, udara, makanan dan hal sebagainya.
  • Merubah atau memodifikasi lingkungan. Artinya, lingkungan dapat digunakan untuk lahan bercocok tanam, seperti persawahan. Digunakan untuk sistem perairan dan lahan tambak ikan.
  • Sebagai unsur predasi. Predasi yang dimaksud yakni hubungan antara pemangsa dan dimangsa, seperti rantai makanan. Contoh yakni singa memakan babi hutan, macan memakan zebra, rusa memakan rumput, dan ular memakan kelinci.
  • Digunakan sebagai simbiosis lingkungan. Simbiosis adalah hubungan makhluk hidup yang berbeda, memiliki 3 jenis yakni simbiosis mutualisme, parasitisme, dan komensalisme.

Nah, itulah artikel mengenai apa sajakah interaksi yang terjadi dalam lingkungan alam yang dapat saya sampaikan. Semoga membantu dan terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.