Perbedaan Suara Sering Disebut Apa Sih?

Perbedaan Suara Sering Disebut

Suara merupakan fenomena fisik yang dihasilkan oleh getaran suatu benda atau getaran dari suatu benda yang berupa sinyal analog dengan amplitudo yang dapat berubah secara terus menerus dari waktu ke waktu. Tahukah Anda, perbedaan suara sering disebut apa?

Sebagian besar suara terdiri dari berbagai sinyal, namun secara teori, suara murni harus dinyatakan dalam kecepatan getaran atau frekuensi yang diukur dalam Hertz (Hz) dan amplitudo atau kenyaringan suara yang diukur dalam desibel.

Perbedaan suara sering disebut dengan suatu istilah untuk lebih mudah diingat dan dipahami oleh masyarakat. Selama getaran, ada perbedaan tekanan  di udara sekitarnya. Pola getaran yang terjadi ini disebut “gelombang”. seseorang dapat mendengar  gelombang suara, getaran  udara atau media lain, mencapai gendang telinga manusia. Rentang frekuensi yang dapat didengar yang dapat didengar oleh telinga manusia adalah sekitar 20 Hz hingga 20 kHz, dengan amplitudo yang khas dengan  kurva respons yang bervariasi. Suara di atas 20 kHz disebut ultrasound, dan suara di bawah 20 kHz disebut infrasonik.

Perbedaan suara sering disebut dengan warna bunyi atau intonasi jeda. Setiap suara atau bunyi memiliki timbre sendiri. Contoh, Anda dapat membedakan suara dua instrumen meskipun gitar dan organ memainkan lagu yang sama. Frekuensi kedua instrumen itu sama, tetapi suara yang dihasilkan oleh kedua sumber itu unik.

Keunikan setiap bunyi dengan bunyi lainnya, bahkan pada frekuensi yang sama, disebut  warna bunyi. Oleh karena itu, timbre atau warna suatu bunyi adalah perbedaan bunyi yang dihasilkan antara kedua bunyi tersebut, meskipun nada kedua bunyi tersebut  sama. Itulah penjelasan tentang perbedaan suara sering disebut dengan warna bunyi. 

Warna bunyi disebut juga dengan timbre. Timbre membedakan suara dari sumber  yang berbeda. Suara yang diucapkan oleh orang yang berbeda tentu akan memiliki timbre yang berbeda. Seperti wanita dan pria memiliki warna suara yang berbeda dan khas. Timbre juga memungkinkan pendengar untuk membedakan antara jenis instrumen musik.

Apakah Suara Setiap Orang Sama?

Apakah Suara Setiap Orang Sama?

Suara orang mempunyai spektrum frekuensi  gelombang suara yang berbeda,  yang  dapat digunakan untuk membedakan suara individu, misalnya saat bernyanyi dengan nada yang sama. Apakah suara setiap orang sama?

Tentu jawabannya adalah tidak. Hal ini terlihat, misalnya, pada perbedaan warna suara paduan suara, meskipun mereka bernyanyi sekaligus atau dengan nada yang sama.

Apa yang Membedakan Suara Manusia itu Berbeda Saat Bernyanyi?

Apa yang Membedakan Suara Manusia itu Berbeda Saat Bernyanyi?

Timbre di sisi lain, karakteristik dan kualitas suara atau musik. Singkatnya, ini adalah jenis suara yang memungkinkan kita mengidentifikasi penyanyi atau instrumen. Misalnya, Anda dapat memainkan C Tengah pada gitar dan piano, tetapi timbre dari masing-masing nada inilah yang membantu Anda mengetahui kapan piano dimainkan dan kapan gitar dimainkan. Hal yang sama berlaku untuk suara. Apa yang membedakan suara manusia itu berbeda saat bernyanyi?

Suara manusia mempunyai frekuensi dan gelombang suara yang berbeda, hal ini lah yang menyebabkan adanya perbedaan suara tersebut. Adanya timbre menjadikan kita dapat mengenali semua suara manusia yang unik dengan karakternya masing-masing.

Mengapa Kita dapat Membedakan Jenis Suara Pria dan Wanita?

Mengapa Kita dapat Membedakan Jenis Suara Pria dan Wanita?

Pria dan wanita tentu berkarakter suara yang berbeda, menjadikan kita dapat mengenali jenis kelamin seseorang dari suaranya. Pria biasanya bersuara lebih berat daripada wanita. Mengapa kita dapat membedakan jenis suara pria dan wanita?

Nada suara pada manusia ditentukan oleh bentuk dan juga tekanan pada pita suara. Semakin besar tekanan, maka semakin besar pula getaran, sehingga semakin tinggi suara. Wanita mempunyai getaran pita suara yang lebih cepat dari pria, sehingga suara wanita lebih tinggi dari pada pria.

Demikian artikel kali ini. Semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.