Permasalahan Apa Saja Yang Muncul Dalam Keberagaman Ekonomi

Permasalahan Yang Muncul Dalam Keberagaman Ekonomi

Indonesia pada tahun 2020 terhitung memiliki 273,5 juta penduduk. Dari banyaknya penduduk itu tentu akan keberagaman ekonomi. Namun apa saja penyebab keberagaman ekonomi di Indonesia? dan jelaskan permasalahan yang muncul dalam keberagaman ekonomi.

Keragaman ekonomi adalah kondisi dimana di dalam masyarakat terdapat bermacam-macam taraf ekonomi. Hal mudahnya yang dapat kita lihat pada saat ini adalah beragamnya pekerjaan.

Apa Saja Penyebab Keragaman Ekonomi di Indonesia?

Apa Saja Penyebab Keragaman Ekonomi di Indonesia?

Situasi ini penyebabnya oleh beberapa hal, yaitu:

  1. Adanya perkembangan teknologi
  2. Sumber daya alam yang berbeda-beda di setiap tempat
  3. Sumber daya manusia yang belum merata
  4. Sumber daya modal yang berbeda-beda
  5. Tingkat persaingan dari pekerjaan yang diinginkan

Jelaskan Permasalahan yang Muncul Dalam Keberagaman Ekonomi

Jelaskan Permasalahan yang Muncul Dalam Keberagaman Ekonomi

Setelah teman-teman melihat penyebabnya, terdapat beberapa masalah yang muncul akibat peristiwa ini. Berikut macam-macam dan jelaskan permasalahan yang muncul dalam keberagaman ekonomi di Indonesia :

  1. Kemiskinan

Hal ini muncul akibat dengan beragamnya pekerjaan yang ada namun karena kurangnya dalam hal pendidikan, kesehatan dan sumber daya alam membuat orang-orang tertentu mengalami kesulitan dan kondisi yang ekonominya tidak baik bertambah buruk.

  1. Munculnya kecemburuan sosial

Hal ini muncul dan dialami oleh masyarakat dengan ekonomi kebawah yang cemburu terhadap harta yang dimiliki masyarakat keatas.

  1. Pengangguran

Karena lapangan kerja yang sedikit dan beragam, serta adanya saingan yang sengit membuat permasalahan ini muncul.

  1. Lapangan kerja yang sedikit

Lapangan kerja yang sedikit membuat pilihan pekerjaan yang masyarakat miliki menjadi sedikit. Ditambah dengan beragamnya pekerjaan membuat seseorang harus memiliki kemampuan tertentu, hal ini membuat orang-orang yang tidak memiliki kemampuan khusus kesulitan mendapatkan pekerjaan.

  1. Inflasi

Inflasi berhubungan erat dengan pengangguran. Ketika pengangguran muncul akibat adanya keberagaman ini membuat inflasi pun muncul.

  1. Kesenjangan ekonomi dan sosial semakin besar

Kesenjangan ekonomi dan sosial menjadi membesar karena fenomena ini. Hal ini terjadi karena perbedaan apa yang dapatnya dari pekerjaan dan pandangan masyarakat tentu berbeda-beda sehingga terjadi penggolongan dan kesenjangan baik ekonomi atau sosial.

  1. Tingkat kriminalitas meningkat

Kriminalitas tentu akan meningkat ketika fenomena ini terjadi dan menyebabkan kesenjangan, terutama ekonomi. Hal ini menyebabkan beberapa orang akan melakukan tindakan-tindakan kriminal seperti mencuri, membunuh dan lainnya.

Dari semua macam-macam dan jelaskankan permasalahan yang muncul dalam keberagaman ekonomi sebelumnya, Terdapat alasan sendiri mengapa kemiskinan menjadi permasalahan yang muncul dalam keberagaman ekonomi yang paling utama. Hal ini karena ketika terdapat masyarakat yang mengalami kemiskinan, maka mereka akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan akan melenceng dari tujuan negara yaitu mensejahterakan semua rakyatnya.

Walaupun begitu, terdapat manfaat dalam keberagaman ini, manfaatnya berupa tidak adanya perebutan atau perpecahan akibat persaingan di sektor yang sama, mendorong pertumbuhan ekonomi, kebutuhan manusia yang beragam dapat terpenuhi, dan lainnya.

Bagaimana Upaya Menyelesaikan Permasalahan dalam Keberagaman Ekonomi Indonesia?

Bagaimana Upaya Menyelesaikan Permasalahan dalam Keberagaman Ekonomi Indonesia?

Terdapat beberapa upaya yang dapat menjadi upaya dalam menyelesaikan fenomena ini, berikut upaya-upayanya :

  1. Membuka lapangan kerja
  2. Melakukan pemberdayaan ekonomi
  3. Menetapkan kebijakan Upah Minimum Regional (UMR)
  4. Memfokuskan pembangunan infrastruktur
  5. Membuka pelatihan-pelatihan

Keragaman ekonomi bukanlah hal yang sepenuhnya buruk, namun terdapat banyak hal yang menjadi dampak dalam hal ini. Kita haruslah dapat mempertahankan keragaman ini namun mengurangi dampaknya.

Teman-teman telah melihat bukan dari jelaskan permasalahan yang muncul dalam keberagaman ekonomi, mengapa kemiskinan menjadi permasalahan yang muncul dalam keberagaman ekonomi hingga bagaimana upaya menyelesaikan permasalahan dalam keberagaman ekonomi Indonesia. Jadi tidak perlu bingung lagi mengenai fenomena ini, melainkan dapat mempersiapkan dan melakukan yang terbaik dalam menjalani keberagaman ekonomi dalam hal positifnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.