Rekayasa Perangkat Lunak adalah? Apa Ya?

Rekayasa Perangkat Lunak adalah

Rekayasa perangkat lunak adalah salah satu bidang keahlian dalam bidang teknologi informasi dan komputer yang mempelajari tentang pemrograman perangkat lunak atau software hingga pengembangan pada perangkat lunak atau software pada komputer. Menurut IEEE Computer Society perangkat lunak adalah suatu pendekatan yang disiplin, sistematis, serta terkuantifikasi dalam pembuatan, pembuatan dan pengembangan manajemen dalam perangkat lunak.

Apa yang dimaksud dengan Rekayasa Perangkat Lunak?

Apa yang dimaksud dengan Rekayasa Perangkat Lunak?

Rekayasa perangkat lunak atau sering disingkat dengan istilah RPL merupakan salah satu jurusan yang ada di SMK. Namun apa kalian tahu, Apa yang dimaksud dengan rekayasa perangkat lunak?

Rekayasa perangkat lunak lunak jurusan yang mempelajari mengenai perangkat lunak atau software mulai dari pembuatan, pemeliharaan hingga pengembangan software pada komputer.

Jurusan ini berhubungan dengan coding, algoritma dan desain, yang akan menjadi kunci utama keberhasilan software tersebut.

Apa Perbedaan Jurusan TKJ dan RPL?

Apa Perbedaan Jurusan TKJ dan RPL?

Sebagian orang mungkin masih ada yang belum mengetahui perbedaan jurusan TKJ dan RPL, walaupun mempunyai yang berbeda namun masih banyak orang yang belum memahami perbedaan keduanya. Ketidaktahuan ini seringkali membuat calon siswa keliru, hal itu bisa menyebabkan rasa kekecewaan bahkan kehilangan antusias untuk menuntut ilmu.

Kedua jurusan ini masih di lingkup yang sama yaitu mempelajari seputar komputer, namun ada perbedaan spesifik dari kedua jurusan ini. Lalu, apa perbedaan jurusan TKJ dan RPL? Berikut adalah perbedaan jurusan TKJ dan RPL yang wajib kalian tahu, khususnya bagi calon murid yang ingin mengambil jurusan tersebut.

  • Beda keahlian yang dibentuk

Pada jurusan Teknik komputer dan jaringan (TKJ) fokus keahlian yang dibentuk yaitu beda dengan RPJ atau Rekayasa Perangkat Lunak adalah membentuk keahlian seorang pemrograman baik itu aplikasi, web, game dan lainnya. Jadi keahlian yang dilatih pada jurusan ini yaitu membuat program, menemukan masalah yang ada dalam program tersebut dan menyelesaikannya.

  • Beda yang dipelajari

Dalam jurusan TKJ yaitu mempelajari tentang hardware dan RPL mempelajari tentang software. Jadi dilihat dari hal tersebut maka hal yang dipelajari dalam jurusan ini berbeda. TKJ mempelajari tentang perangkat keras, membuat jaringan serta menghubungkan jaringan dan permasalahan seputar perangkat keras. Sedangkan RPL mempelajari tentang pengembangan perangkat lunak.

  • Beda fokus dalam karir

Karena fokus keahlian yang dibentuk dalam jurusan ini berbeda maka peluang kerja yang akan di dapat juga berbeda. Lulusan TKJ mempunyai peluang kerja seperti menjadi teknisi komputer, ahli jaringan komputer dan konsultan IT.  Sedangkan lulusan RPL memiliki peluang karir menjadi programer yang berfokus pada software seperti designer, web developer.

Rekayasa Perangkat Lunak Bisa Kerja Apa?

Rekayasa Perangkat Lunak Bisa Kerja Apa?

Rekayasa perangkat lunak merupakan salah satu jurusan yang mempunyai peluang kerja cukup banyak karena pada era digital saat ini hampir hampir semua bidang membutuhkan teknologi. Hal ini membuat kualitas sumber daya yang dibutuhkan meningkat salah satunya yaitu dalam ahli teknologi informasi. Lalu, teknologi ini bisa kerja apa? Berikut merupakan peluang kerja jurusan RPL, yuk simak.

  • Programer

Programer merupakan seseorang yang bekerja untuk membuat program tertentu pada komputer. Hampir semua perusahaan membutuhkan programer untuk menunjang kinerja dari perusahaan tersebut.

  • Developer IT

Developer IT yaitu pekerjaan yang bertugas untuk mengembangkan software sesuai dengan keinginan dan kebutuhan sang klien.

  • System analyst

System analyst merupakan pekerjaan yang bertugas untuk menganalisis suatu sistem, hasil analisis ini yang akan digunakan oleh programer untuk membuat software tertentu.

  • Database engineer

Database engineer yaitu pekerjaan yang bertugas memonitor atau membuat desain yang kompleks.

Berikut merupakan ulasan artikel mengenai rekayasa perangkat lunak adalah, semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi mereka khususnya yang ingin mengambil jurusan RPL ataupun TKJ.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.