Resep Masakan Cara Membuat Bakso Sapi Dengan Blender Tanpa Baking Powder

Cara Membuat Bakso Sapi Dengan Blender Tanpa Baking Powder

Bagi pecinta kuliner, sudah tidak asing lagi dengan istilah bakso. Bakso merupakan makanan khas yang berasal dari Indonesia. Hampir setiap orang menyukai makanan nusantara ini, apalagi para pecinta rasa pedas. Banyak buku resep atau internet yang dapat kalian temui, tentang tahapan cara membuat bakso sapi dengan blender tanpa baking powder.

Makanan terkenal tersebut dapat anda temui dengan mudah, terutama di daerah Malang dan Solo. Peminat makanan tersebut semakin meningkat setiap harinya. Oleh sebab itu, banyak pebisnis yang membuka usaha makanan bakso.

Berbagai variasi dan teknik untuk pembuatan makanan itu, terutama hal cara membuat bakso sapi dengan blender tanpa baking powder. Simak ulasan artikel di bawah ini.

Apa Kegunaan Baking Powder untuk Bakso?

Apa Kegunaan Baking Powder untuk Bakso?

Apa kegunaan baking powder untuk bakso? Kegunaan baking powder untuk mengenyalkan tekstur dari pentol. Tetapi jangan terlalu banyak untuk menambahkan bubuk tersebut, karena pentol akan pecah ketika proses perebusan dan juga dapat menimbulkan rasa pahit, ketika akan memakannya.

Berikut saya akan memberikan resep cara membuat bakso sapi dengan blender tanpa baking powder, bahannya antara lain :

Bahan :

  • 1 kg daging sapi
  • 1 butir putih telur
  • 300 gr es batu
  • 200 gr sagu tani

Bumbu :

  • 4 siung bawang putih dihaluskan
  • 6 siung bawang putih digoreng dan dihaluskan
  • Garam secukupnya
  • Gula dan merica secukupnya

Cara memasak :

  • Untuk langkah pertama, haluskan terlebih dahulu daging dan es batu ke dalam blender. Tutup dengan rapat agar tidak tumpah keluar.
  • Tambahkan bawang putih, putih telur dan sagu tani, serta bumbu yang tertera diatas, campur ke dalam daging yang sudah dihaluskan. Kemudian aduk rata semua nya.
  • Panaskan air di dalam panci sampai mendidih. Lalu matikan kompor, kemudian anda bentuk pentol menggunakan tangan dan sendok.
  • Setelah dibentuk bulat, anda hidupkan kembali kompornya dan tunggu sampai pentol mengapung ke atas.
  • Selanjutnya, jika sudah mengapung, angkat dan tiriskan taruh ke dalam baskom berisi air es.
  • Kemudian, siapkan kuah bakso dan pelengkap seperti sayur, mie dan sebagainya.
  • Untuk pembuatan kuah bakso, pakai rebusan dari bakso tadi sebagai kaldu. Tambahkan gula, garam, merica dan bawang goreng.
  • Makanan nusantara telah siap untuk di nikmati.

Tepung Apa Yang Bagus untuk Bakso?

Tepung Apa Yang Bagus untuk Bakso?

Setelah pembahasan resep tentang cara membuat bakso sapi dengan blender tanpa baking powder. Untuk selanjutnya, kira-kira tepung apa yang bagus untuk bakso?

Untuk jenis tepung pembuatan pentol, biasanya para pedagang menggunakan tepung tapioka, tepung sagu aren, dan tepung sagu. Menggunakan bahan tersebut sebagai pengganti baking powder atau boraks, untuk mendapatkan tekstur pentol yang halus dan kenyal.

Namun, jangan terlalu banyak dalam menambahkan tepungnya. Tetap rasio daging harus lebih banyak daripada bahannya, agar mendapatkan kualitas pentol yang baik.

Apa yang Dimaksud dengan Poly Powder?

Apa Yang Dimaksud Dengan Poly Powder?

Apa yang dimaksud dengan poly powder? Poly powder adalah jenis bahan pengenyal yang digunakan untuk campuran bakso, seperti halnya baking powder. Selain bahan bubuk-bubukan, ada pengenyal alami untuk pentol, yakni garam kasar.

Garam kasar mengandung alkali yang tinggi, sehingga cocok digunakan sebagai campuran ke dalam adonan pentol, agar menghasilkan tekstur yang kenyal alami. Apakah bisa jika diganti dengan garam halus? Jika tidak mempunyai garam kasar, anda dapat menggunakan garam halus. Namun, hasil akhir akan berbeda dengan hasil penggunaan garam kasar.

Nah, itulah informasi mengenai artikel cara membuat bakso sapi dengan blender tanpa baking powder. Semoga dapat menambah wawasan anda mengenai resep masakan . Akhir kata, saya ucapkan terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.