Resep Steak Daging Sapi Teflon Empuk

resep steak daging sapi teflon empuk

Hai. Untuk kalian yang mempunyai hobi untuk memasak. Disini, saya akan membagikan resep steak daging sapi teflon empuk yang bisa kalian buat di rumah. Berikut adalah resep steak daging sapi teflon empuk :

  1. 500 gram daging sapi
  2. sdt garam atau sesuai selera
  3. 1/2 sdt lada hitam atau sesuai selera
  4. 1/2 sdt parsley
  5. 2 sdm Olive oil
  6. Bahan Olesan
  7. 2 sdm Margarin/butter
  8. 2 siung bawang putih cincang
  9. 1/2 sdt parsley
  10. Saus Steak
  11. 250 ml air
  • Langkah – langkah pembuatan
  1. Iris daging sapi dengan lebar dan ketebalan sesuai selera kalian, jangan terlalu tebal karena akan sulit matang dan bumbu tidak meresap hingga dalam. Lap daging dengan tissue kitchen sampai kering. Setelah itu, marinasi dengan garam, lada hitam, parsley, oleskan sampai merata. Selanjutnya oleskan pula olive oil. Diamkan selama 20 – 30 menit.
  2. Potong sayuran sesuai selera dan rebus sampai matang. Untuk kentang nya supaya lebih gurih dan beraroma setelah kalian rebus nanti nya bisa kalian tumis sebentar di wajan bekas memanggang daging yang tadi.
  3. Sediakan bumbu olesan, margarin, bawang putih yang sudah dicincang dan parsley, aduk sampai tercampur rata.
  4. Panaskan wajan teflon dan diolesi dengan sedikit olive oil.
  5. saat wajan panas, masukkan daging, masak selama 1 menit atau sesuai selera kematangan. Dan hanya balik 1 kali saja. setelah 1 menit oleskan margarin di kedua sisinya
  6. Masukkan air 250 ml kedalam wajan bekas memasak steak, lalu campurkan bubuk saus jamur gravy, lalu masak dengan api kecil hingga saus akan mengental.
  7. Tata di piring, sayuran, kentang, daging steak lalu siram dengan saus mushroom, steak siap disajikan.

Itulah resep steak daging sapi teflon empuk yang bisa kalian coba di rumah saat ada daging yang bingung akan dimasak apa.

Berapa Lama Memanggang Daging Steak di Teflon Empuk?

Berapa Lama Memanggang Daging Steak di Teflon?

setelah kita mengetahui resep steak daging sapi teflon empuk untuk kalian coba di rumah. Lalu Berapa lama memanggang daging steak di teflon? Membutuhkan waktu 6 sampai 10 menit untuk memanggang di setiap sisi daging sapi agar menghasilkan steak dengan tingkat kematangan medium. Meskipun terlihat sudah matang, steak medium akan tetap bertekstur empuk dan lembut saat bagian tengahnya ditekan.

Daging Untuk Steak Bagian Apa?

Daging Untuk Steak Bagian Apa?

Ada beberapa bagian dari sapi yang sangat enak untuk dibuat steak. Daging untuk steak bagian apa?

Tenderloin merupakan daging dari bagian tengah badan sapi. Dikarenakan teksturnya yang sangat lembut dan empuk, tenderloin pantas dijadikan bahan baku steak.

Apa Saja Tingkat Kematangan Steak?

Apa Saja Tingkat Kematangan Steak?

Apakah kalian pernah bertanya tanya tentang apa saja tingkat kematangan steak? Salah satu istilah di dalam steak adalah soal tingkat kematangan daging, ada 5 tingkat jenis kematangan daging steak, berikut ini jenisnya:

  • Rare

Istilah rare ini adalah istilah kematangan steak yang hampir mentah, sehingga tekstur kematangan daging hanya pada bagian luarnya saja.

  • Medium Rare

Steak medium rare biasanya dimasak dalam suhu berkisar 55 derajat celcius. Daging tingkat medium rare ini punya tekstur daging yang kenyal.

  • Medium

Medium adalah tingkat kematangan steak paling pas, tidak cenderung mentah dan juga tidak terlalu matang. Pada tingkat medium ini, warna daging cenderung berwarna coklat dan bagian dalamnya hanyalah sedikit pink.

  • Medium Well

Tingkat medium well biasanya dimasak dengan suhu antara 65-69 derajat celcius. Tingkat medium well ini termasuk tingkat kematangan yang juga disukai oleh  banyak masyarakat Indonesia.

  • Well Done

Daging steak dengan tingkat kematangan well done biasanya dimasak dengan suhu berkisar 70 sampai 90 derajat celcius. Tingkat kematangan well done sangat terlihat dari warna daging yang sangat menonjol, biasanya ditandai dengan warna coklat gelap dan juga tekstur daging kenyal.

Jadi itulah resep steak daging sapi teflon empuk yang bisa kalian buat di rumah. Semoga artikel ini membantu kalian semua.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.