Salah Satu Persamaan Antara Suhuf dengan Kitab Yaitu Apa?

Apa Persamaan dan Perbedaan Kitab dengan Suhuf?

Sebelum membahas lebih lanjut artikel tentang salah satu persamaan antara suhuf dengan kitab yaitu? Alangkah baiknya kita sebagai seorang muslim kita harus mengetahui apa arti dari suhuf dan kitab terlebih dahulu.

  • Suhuf secara bahasa yang mempunyai arti yaitu Lembaran.
  • Suhuf secara istilah memiliki arti yaitu wahyu yang disampaikan Allah SWT kepada rasulnya akan tetapi tidak wajib untuk disampaikan kepada umat manusia.
  • Kitab secara bahasa yaitu tulisan.
  • Kitab secara istilah yaitu wahyu Allah pada lembaran-lembaran yang terkumpul menjadi satu kesatuan berbentuk buku. Jadi bisa diartikan bahwa kitab adalah kumpulan wahyu Allah yang disampaikan kepada para rasul untuk diajarkan kepada manusia sebagai petunjuk dan pedoman hidup. Kitab-kitab Allah berfungsi sebagai penuntun manusia dalam meyakini Allah SWT dan apa yang telah diturunkan kepada rasul-rasul-Nya.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Salah satu persamaan antara suhuf dengan kitab yaitu sebagai berikut ini.

Apa Persamaan dan Perbedaan Kitab dengan Suhuf?

Apa Persamaan dan Perbedaan Kitab dengan Suhuf?

Mungkin banyak diantara kalian yang belum mengetahui tentang 

Apa persamaan dan perbedaan kitab dengan suhuf? Pada salah satu persamaan pada kitab dan suhuf ini adalah isi pokok kandungan yang ada didalamnya yaitu tentang bagaimana Allah SWT memerintah rasulnya untuk berdakwah tentang keesaan Allah,ajaran tauhid dan tentang kehidupan di akhirat seta tentang surga dan neraka. Didalam kitab dan suhuf juga mempunyai isi tentang larangan dan perintah Allah SWT seperti :

1). Syirik

2). Berzina

3). Harus berbakti kepada orang tua

4). Tidak dzalim

5). Melaksanakan ibadah yang tertuju kepada Allah SWT

 Allah SWT juga memberikan suhuf dan kitab secara mutawatir yang artinya berangsur-angsur.

Jika itu tadi tentang persamaan kitab dan suhuf maka ini adalah perbedaannya yaitu:

  • Suhuf , Allah memberikan firmannya kepada rasul secara mutawatir sehingga kalam Allah tersebut harus dicatat dan diingat. Pada zaman itu para rasul menulisnya pada pelepah pohon,batu,kulit unta,kulit domba,pelepah kurma,sehingga firman Allah tersebut sangat banyak, menumpuk dan tersebar dimana-mana.
  • Kitab , Hampir sama dengan suhuf akan tetapi perbedaan dari kitab ini adalah dimana firman atau kalam Allah tersebut sudah mulai disusun yang rapi dan sistematis sesuai petunjuk Allah dan rasulnya. Bagian kalam Allah tersebut kini sudah tidak tercecer dan tersebar lagi serta menjadi satu kesatuan yang mudah dipahami oleh umat rasul tersebut dan terjaga hingga sekarang ini dan sampai nanti pada hari akhir.

Persamaan Kitab dan Suhuf

Persamaan Kitab dan Suhuf

Pada dasar kitab dan suhuf itu sama. Persamaan kitab dan suhuf yaitu keduanya merupakan wahyu atau kalam yang diturunkan oleh Allah kepada rasulnya secara berangsur-angsur yang bertujuan untuk dijadikannya pedoman umat manusia.Itulah Salah satu persamaan antara suhuf dengan kitab yaitu sebagaimana yang sudah saya jelaskan seperti diatas.

Siapakah Nabi dan Rasul yang Menerima Suhuf dari Allah SWT?

Siapakah Nabi dan Rasul yang Menerima Suhuf dari Allah SWT?

Untuk menuntun manusia kembali kejalan yang benar,Allah memiliki 5 Nabi yang diturunkan suhuf kepadanya kelima Nabi tersebut yaitu sebagai berikut ini:

1). Nabi Adam A.s  menerima 10 Suhuf.  

2). Nabi Musa A.s menerima 10 Suhuf.  

3). Nabi Ibrahim A.s menerima 30 Suhuf.  

4). Nabi Idris A.s menerima 30 suhuf.  

5). Nabi Syis A.s menerima 50 suhuf.

Jadi sekarang kalian sudah mengetahui dan bisa menjawab pertanyaan tentang Siapakah nabi dan rasul yang menerima suhuf dari Allah SWT? Bukan.

Mungkin itulah artikel tentang Salah satu persamaan antara suhuf dengan kitab yaitu,Arti suhuf dan kita secara bahasa dan istilah serta nabi-nabi yang  menerima suhuf dari Allah SWT 

Semoga bermanfaat guys

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.