Sebenarnya Pasca Produksi Adalah Apa sih?

Pasca Produksi Adalah

Halo semuanya, apa kabar kalian semua? Kalian suka nonton film? Apa kalian tahu apa itu post production? Pasca produksi adalah suatu cara atau salah satu tahap dari babak pembuatan film. Tahap ini kita lakukan sesudah tahap produksi film selesai.

Jadi pada tahap ini telah tersedia beberapa kegiatan seperti pengeditan sebuah film, pemberian efek efek khusus, pengoreksian sebuah warna, pemberian suara dan musik latar belakang, sampai penambahan sebuah animasi. Lalu mengapa harus melakukan post production terlebih dahulu?

Jadi post production adalah salah satu tahap yang harus kita lakukan untuk menghasilkan sebuah film atau produk video yang dapat penonton nikmati atau sukai oleh masyarakat yang menonton film tersebut. Tahap post production adalah tahap terakhir dalam membuat konten video atau membuat film.

Setelah proses post production selesai, maka film atau konten video siap untuk kita sebarkan sesuai medium yang kita inginkan. Bisa berupa film seluloid, kaset, cakram padat, dan lain sebagainya. Berikut adalah software yang sering para post production atau editor gunakan: 

  1. Adobe Premiere Pro
  2. Final Cut Pro
  3. Apple logic Pro X and Adobe Audition
  4. DaVinci Resolve
  5. Avid Music Composer

Apa yang Dimaksud dengan Proses Pasca Produksi? 

Apa yang Dimaksud dengan Proses Pasca Produksi? 

Setelah kita mengetahui apa itu post production, sekarang saya akan menjelaskan. Apa yang dimaksud dengan proses pasca produksi? post production ini merupakan salah salah satu tahap yang krusial dalam pembuatan sebuah film.

Jadi tanpa tahap ini tidak ada produk yang akan menjadi berupa film, yang ada hanyalah berupa rekaman mentah yang belum tentu bisa menyampaikan sebuah kisah yang ingin kita ceritakan.

Jadi rekaman mentah ini pun tidak dalam urutan yang benar karena seringkali kita rekam dalam urutan yang paling efisien untuk aktor, lokasi, dan beberapa faktor dari film. post production ini melibatkan banyak orang.

Pihak – pihak yang terlibat dalam tahap pasca produksi adalah editor, penara suara, penata musik, coloring, dan para ahli lainnya yang ktia perlukan dalam tahap post production ini. Setiap elemen pada tahap ini hadir untuk menghidupkan cerita pada film tersebut.

Tahap Tahap Produksi Film Apa saja?

Tahap Tahap Produksi Film Apa saja?  

Setelah mengetahui apa itu post production sekarang tahap tahap produksi film apa saja? Tahap apa saja yang editor post production lakukan. berikut adalah tahap tahap yang para editor post production lakukan: 

  1. Penyuntingan gambar
  2. Composting
  3. Menciptakan suara
  4. Menilai dan menambahkan musik
  5. Sound mixing
  6. Menambahkan efek visual (VFX)
  7. Color grading
  8. Menambahkan judul, kredit, dan grafis
  9. Mencetak Digital Cinema Package (DCP)

Jadi itulah tahap tahap yang dilakukan saat melakukan pasca produksi. Jadi kalian sudah tau kan apa itu pasca produksi, apa tujuannya, dan apa tahap tahap yang dilakukan oleh pasca produksi. 

Apa saja yang Harus Dilakukan dalam Tahap Post Production?

Apa saja yang Harus Dilakukan dalam Tahap Post Production? 

Setelah kita mengetahui pasca produksi sekarang kita akan membahas apa itu post production? Apa saja yang harus dilakukan dalam tahap post production?

Jadi post production adalah tahap akhir dari pembuatan film setelah pasca produksi dan produksi sebuah karya.

Karya yang biasanya sudah pasti memiliki tahap ini dalam workflow-nya adalah film atau karya audiovisual lain seperti pembuatan video klip, misalnya. Berikut adalah tahap yang harus kita lakukan saat post production : 

  1. Admin data
  2. Penggabungan dan pengeditan rekaman
  3. Pengeditan suara
  4. Memasukkan musik latar
  5. Pemberian efek visual
  6. Color correction
  7. Penambahan kredit dan subtitle

Penutup

Jadi itulah pengertian dari pasca produksi adalah suatu tahap yang harus kita lakukan untuk membentuk sebuah film. Mungkin jika tidak adanya pasca produksi dan post produksi ini tidak akan menjadi film melainkan hanya sebuah cuplikan video yang tidak mempunyai arti dan tujuan.

Nah itu semua yang sekiranya perlu saya bahas, mungkin jika ada salah kata mohon maaf ya. Semoga bermanfaat untuk kalian semua. Sampai jumpa!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.