Sebutkan dan Jelaskan Alat Musik di Daerahmu? Baca Disini!

Sebutkan dan Jelaskan Alat Musik di Daerahmu

Alat musik di setiap daerah di Indonesia tentunya memiliki ragam dan keunikannya sendiri-sendiri. Apakah kalian bisa sebutkan dan jelaskan alat musik di daerahmu? Pastinya akan ada banyak alat musik bukan? Beberapa alat musik yang terkenal dari Indonesia, terutama di daerah Jawa itu ada angklung, gamelan, karawitan, dan masih banyak lagi.

Alat musik sendiri adalah segala jenis benda yang dapat menciptakan irama dan nada, yang tentunya agar irama dan nada tersebut terdengar dengan indah, alat musik butuh pengaturan tertentu. Hal inilah yang membuat alat musik menjadi sangat beragam

Apa saja Alat Musik dari Jawa Tengah?

Apa saja Alat Musik dari Jawa Tengah?

sebutkan dan jelaskan alat musik di daerahmu yang pertama adalah Jawa Tengah. Jawa tengah terkenal akan musiknya yang terdengar lembut dan lambat, kebanaykan lagu menggunakan instrumen tanpa vokal, bertangga nada silendro dan pelog, serta beberapa alat musiknya bertangga nada pentatonis. Dengan ciri khas seperti itu, penasaran apa saja alat musik dari Jawa Tengah? Simak ulasannya di bawah ini!

  1. Rebab
    Rebab merupakan salah satu alat musik yang populer khas Jawa Tengah. Cara menghasilkan nada dengan rebab yaitu menggeseknya, mirip seperti biola. Rebab berfungsi sebagai alat musik untuk penuntun lagu. Rebab ini terbuat dari kawat untuk senar, kayu kemuning dan bulu ekor kuda sebagai alat penggesek.
  1. Gamelan
    Gamelan sebenarnya terdiri dari beberapa alat musik tradisional slendro dan pelog. Gamelan terbuat dari perunggu yang ditempatkan pada wadah kayu yang sudah diukir atau dipahat. Dalam budaya jawa tengah, gamelan berfungsi sebagai pengiring kesenian wayang, ketoprak sendratari, dan lain sebagainya.

Apakah Alat Musik Khas dari Jawa Timur?

Apakah Alat Musik Khas dari Jawa Timur?

Sebutkan dan jelaskan alat musik di daerahmu yang kedua kita akan pergi ke tanah Jawa Timur. Musik-musik di Jawa Timur biasanya digunakan sebagai sarana upacara adat, sarana hiburan, sarana ekspresi diri, dan masih banyak lagi.

Seiring perkembangan zaman, musik Jawa Timur semakin diperkaya sebagai sarana budaya dan ekonomi. Kira-kira apakah alat musik khas dari Jawa Timur? Berikut Mimin berikan penjelasannya!

  1. Rending
    Rending merupakan alat musik khas Jawa Timur yang sangat unik. Rending berasal dari bambu yang cukup besar (bambu petung) yang dikupas bagian kulitnya, kira-kira 0,5 cm, lalu diikat dengan rotan. Cara memainkannya adalah dengan memetik setiap bilah kulit yang terkelupas dari Rending ini.
  1. Soronen
    Soronen adalah alat musik tiup khas Jawa Timur. Soronen terbuat dari bambu dan kayu. Soronen menggunakan karet lentur, spon, dan kain untuk menghasilkan nada suaranya.Alat musik ini memiliki bentuk yang mirip seperti terompet. Soronen biasa dipergunakan sebagai pengiring dalam upacara adat pengantin, iringan lagu daerah, dan karapan sapi.

Apa Alat Musik Khas Daerah Jawa Barat?

Apa Alat Musik Khas Daerah Jawa Barat?

Sebutkan dan jelaskan alat musik di daerahmu yang terakhir adalah Jawa Barat. Musik khas Jawa Barat ini terkenal akan ciri khasnya yang memiliki irama yang cenderung sendu dan mendayu, bersifat improvisation, dan tatanan lagunya yang kadang berulang. Lalu, pertanyaannya adalah apa alat musik khas daerah Jawa Barat?

  1. Angklung
    Siapa yang tak kenal angklung? Angklung dimainkan dengan cara digoyangkan agar bisa menciptakan nada. Saking populernya alat musik angklung, UNESCO menjadikan angklung ini sebagai salah satu warisan dunia.
  1. Calung
    Calung rantai terdiri dari tujuh ruas bambu yang masing-masing memiliki ukuran yang berbeda, yaitu dari yang berukuran kecil sampai besar. Berbeda dengan angklung, calung ini dimainkan dengan cara memukul batang dari ruas-ruas bambunya.

Penutup

Itu tadi sebutkan dan jelaskan alat musik di daerahmu, terutama di tanah Jawa. Melalui artikel ini kita dapat mengetahui bahwa alat musik Indonesia itu sangat beragam jenisnya dan unik-unik. Oleh karena itu, marilah kita merawat kelestarian dari alat-alat musik ini agar tidak termakan oleh zaman.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.