Sebutkan Makna Sila Kedua Pancasila, ini maknanya!

Sebutkan Makna Sila Kedua Pancasila

Pancasila merupakan suatu ideologi dan juga dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pancasila disahkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada 18 Agustus 1945. Berdasarkan dengan namanya, Pancasila memiliki lima sila. Dan sila ke-2 dari Pancasila berbunyi, “Kemanusiaan yang adil dan beradab”. Apa makna dari sila ke-2 ini? Berikut ini akan di sebutkan makna sila kedua Pancasila pada pembahasan berikut.

Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Sebelum di sebutkan makna sila kedua Pancasila, maka kita perlu tau nilai-nilai yang terkandung dari sila ke-2 ini. Kemanusiaan yang adil dan beradab merupakan bunyi dari sila ke-2 yang didalamnya mengandung nilai-nilai, mulai dari nilai kemanusiaan, nilai keadilan, dan nilai keadaban. Berikut ini nilai-nilai yang termasuk dalam sila kedua ini :

  • Tidak semena-mena dengan orang lain
  • Mencintai sesama manusia
  • Mengembangkan sikap tenggang rasa
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan
  • Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan
  • Berani membela keadilan dan kebenaran
  • Saling menghormati dengan bangsa-bangsa lainnya didunia

Makna Sila Ke-2 dan Contohnya

Makna Sila Ke-2 dan Contohnya

Setelah mengetahui isi dari sila ke-2, maka akan di sebutkan makna sila kedua Pancasila. Lalu, Makna sila ke-2 dan contohnya? Berikut merupakan makna sila ke-2 dan juga contohnya yang perlu kita ketahui dan kita terapkan dalam kehidupan.

Makna sila ke 2 Pancasila yaitu setiap tatanan masyarakat tidak terbatas kepada agama, suku, ras, dan antar golongan wajib bersikap serta berperilaku sesuai norma dan adat istiadat yang berlaku, serta berhak mendapatkan persamaan derajat guna menciptakan keadilan dalam kemanusiaan.

Makna lainnya pada sila ke-2 ini adalah bahwa setiap manusia itu saling membutuhkan satu sama lain, dan perlu sebuah kesatuan untuk membentuk system yang kuat. Selain itu, juga perlu untuk mengakui serta memperlakukan setiap orang dengan setara dan adil yang sesuai dengan kewajiban dan hak asasi manusia.

Telah di sebutkan makna sila kedua Pancasila, lalu bagaimana dengan contohnya? Berikut ini  merupakan contoh perilaku yang sesuai dengan sila kedua Pancasila.

  • Mengembangkan sikap tenggang rasa, yaitu dengan cara menghargai orang lain, baik itu saudara, keluarga, ataupun tetangga yang sedang menyampaikan sebuah pendapat.
  • Tidak membeda-bedakan dan saling mencintai sesame manusia, bisa dilakukan dengan cara bergaul dengan banyak teman, dengan tidak membeda-bedakan ras, suku, agama ataupun derajat.
  • Tidak menyakiti perasaan orang lain dengan mengakui persamaan martabat dan harkat, serta derajat sebagai makhluk ciptaan Tuhan.
  • Gemar melakukan kegiataan kemanusiaa, contohnya membantu tetangga, teman, atau saudara yang sedang dalam kesulitan dan membutuhkan bantuan.

Makna Sila Ke-2 dalam Kehidupan Sehari hari

Makna Sila Ke-2 dalam Kehidupan Sehari hari

Makna sila ke-2 dalam kehidupan sehari hari yang perlu kita ketahui adalah dalam sila ke-2 pancasila dalam kehidupan sehari-hari ini bermakna kita harus saling menghargai satu sama lain. Selain itu, kita sebagai manusia yang adil dan beradab perlu mewujudkannya dengan sikap menghargai, mencintai, dan menghormati satu dengan yang lainnya, tanpa membeda-bedakan.

Berikut ini merupakan penerapan sila kedua dari Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

  • Menghormati hak yang dimiliki orang lain
  • Memiliki sikap adil
  • Selalu bersikap sopan dan santun
  • Menghargai pendapat orang lain

Demikianlah pembahasan tentang makna dari sila kedua Pancasila, semoga artikel ini dapat menambah ilmu pengetahun kita tentang Pancasila dan dapat menumbuhkan rasa patrotisme, serta dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ini dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.