Sebutkan Penyebab Langkanya Hewan dan Tumbuhan!

Sebutkan Penyebab Langkanya Hewan dan Tumbuhan!

Kepunahan dalam bahasa biologi berarti hilangnya keberadaan dari sebuah spesies hewan atau tumbuhan. Kepunahan hewan dan tumbuhan berarti hilangnya keberadaan hewan dan tumbuhan itu. Dan ada beberapa penyebab terjadinya kelangkaan hewan dan tumbuhan itu. Disini saya akan sebutkan penyebab langkanya hewan dan tumbuhan.

Berikut adalah penyebab langkanya hewan dan tumbuhan: 

  1. Kerusakan habitat adalah faktor penting penyebab kelangkaan yang dapat berujung pada kepunahan hewan atau tumbuhan tersebut.
  2. Perburuan ilegal atau pemburu liar, merupakan aktivitas manusia lain yang dapat menyebabkan kepunahan hewan. Karena kelakuan manusia yang tidak bertanggung jawab.
  3. Wabah penyakit juga bisa membuat hewan mati karena wabah penyakit itu.

Itulah yang saya sebutkan penyebab langkanya hewan dan tumbuhan. Setelah saya sebutkan penyebab langkanya hewan dan tumbuhan sekarang kita akan membahas bagaimana cara kita menjaga dan melestarikan hewan dan tumbuhan supaya tidak terjadi kepunahan dengan cara mengkonservasi.

Konservasi adalah pengelolaan sumber daya alam hayati yang dimana pemanfaatannya dilakukan secara bijaksana demi menjamin kesenimbungan persediaan hayati dengan meningkatkan dan memelihara kualitas keanekaragaman nilai – nilainya.

Apa Faktor Penyebab Kelangkaan Hewan?

Apa Faktor Penyebab Kelangkaan Hewan?

Pernah tidak kalian berpikir apa faktor penyebab kelangkaan hewan? penyebab kelangkaan hewan ini ternyata ada banyak sekali lho, pada dasarnya kepunahan hewan bisa juga karena secara alami atau juga dapat secara tidak alami. Berikut ini contoh contohnya:

  1. Adanya spesies invasif, yaitu spesies baru yang kebawa ke suatu habitat, dapat menyebabkan berkurangnya populasi spesies asli.
  2. Perubahan iklim, yang penyebabnya oleh pemanasan global menjadi tantangan lain bagi pelestarian flora dan fauna. Perubahan iklim membuat suhu, curah hujan, dan cuaca menjadi tidak menentu.
  3. Bencana dari alam.

Apa Penyebab Kepunahan Tumbuhan dan Hewan Asli di Indonesia?

Apa Penyebab Kepunahan Tumbuhan dan Hewan Asli di Indonesia?

setelah membahas tentang kelangkaan hewan secara global, kali ini kita akan membahas Apa penyebab kepunahan tumbuhan dan hewan asli di Indonesia? di indonesia banyak sekali faktor yang menyebabkan kepunahan hewan asli, berikut ini contoh contohnya :

  • Perburuan liar
    Perburuan liar ini berarti pengambilan hewan dan juga tumbuhan liar secara ilegal dan bertentangan dengan peraturan konservasi dan juga manajemen kehidupan liar. Perburuan liar ini merupakan pelanggaran terhadap peraturan dan hukum berburu. Mereka memburu hewan dan langka ini
  • Reproduksi hewan rendah daripada kematian
    Lebih banyaknya tingkat kematian daripada kelahiran hewan, ini bisa disebabkan karena faktor lingkungan yang rusak atau tidak mendukung dan juga rendahnya populasi hewan itu
  • Habitat yang fungsinya berubah
    Banyak hutan di indonesia yang dialihfungsikan menjadi infrastruktur lain, dari yang sebelumnya rumah bagi hewan tersebut, lalu menjadi infrastruktur lain.

Apa Saja Penyebab Punahnya Tumbuhan Langka?

Apa Saja Penyebab Punahnya Tumbuhan Langka?

Kepunahan tidak hanya mengancam hewan satwa di Indonesia, tapi kepunahan juga terjadi di beberapa jenis tumbuhan di Indonesia. Berikut alasan apa saja penyebab punahnya tumbuhan langka?

  • Alih Fungsi Lahan
    Alih fungsi lahan sebagai pelengkap keperluan perkebunan, pertanian, perumahan, dan pembangunan infrastruktur telah terjadi di berbagai daerah di seluruh tanah air di Indonesia.
  • Pencemaran Ekosistem
    Pencemaran ekosistem seperti limbah industri baik di udara, air, dan darat yang masih sering terjadi, kemudian terjadinya bencana alam seperti gunung meletus, tanah longsor, dan tsunami. Ini juga berperan sebagai penyebab kepunahan tumbuhan di Indonesia. Karena itu, sudah seharusnya para perusahaan harus bersikap bijak dengan mengolah limbah terlebih dahulu agar tidak mencemari lingkungan agar tidak membahayakan tumbuhan tumbuhan.

Penutup

Itulah yang bisa saya sebutkan penyebab langkanya hewan dan tumbuhan di Indonesia, mari kita jaga satwa dan tumbuhan di Indonesia ini agar tidak terjadi kepunahan. Sekian semoga bermanfaat untuk kita semua. Sampai jumpa!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.