Sebutkan Struktur Teks Editorial, Beserta Contoh!

Sebutkan Struktur Teks Editorial

Teks editorial merupakan salah satu bentuk dari artikel yang dapat Anda temui dalam surat kabar. Biasanya teks ini ditulis oleh redaksi dari surat kabar terkait. Sebutkan struktur teks editorial! Tahukah Anda apa saja struktur dalam teks editorial? Berikut ulasannya.

Teks editorial adalah pendapat yang ditulis oleh tim redaksi dari suatu media terhadap isu nyata yang terjadi di masyarakat. Pendapat ini dianggap menjadi pandangan resmi dari media terhadap isu tersebut. Pada dasarnya, teks editorial mempunyai beberapa struktur, mari kita sebutkan struktur teks editorial, berikut ini.

  1. Pengenalan isu, yaitu penjabaran seorang penulis terkait isu yang sedang menjadi bahasan
  2. Argumentasi, yaitu paparan alasan dan bukti-bukti dari penulis untuk memperkuat pernyataan dalam teks editorial. Biasanya dapat berupa pertanyaan umum hasil dari penelitian, pernyataan dari ahli, ataupun fakta yang terpercaya
  3. Penegasan ulang, dimana pada bagian yang terletak di akhir ini penulis akan memberikan penegasan ulang pendapatnya dengan didukung oleh argumentasi

Itulah ketiga struktur di dalam teks editorial. Sebutkan struktur teks editorial sudah dapat Anda pahami dengan jelas. Teks editorial biasanya memiliki ciri-ciri, seperti menggunakan topik yang sedang hangat, sistematis dan logis, pendapat yang diberikan bersifat argumentatif, serta menarik untuk dibaca. Tidak hanya dapat sebutkan struktur teks editorial saja, berikut ini kita akan membahas lebih jauh tentang teks editorial.

Apa Saja Unsur Teks Editorial?

Apa Saja Unsur Teks Editorial?

Unsur adalah bagian-bagian yang ada dalam teks editorial. Unsur dan tekstur memiliki maksud yang sama, dimana dalam teks editorial memiliki 3 unsur. Apa saja unsur teks editorial? Ketiga unsur tersebut adalah pernyataan pendapat (tesis), argumentasi, dan pernyataan/penegasan ulang pendapat (reiteration). Isu aktual dapat berupa masalah politik atau ekonomi, seperti salah satunya adalah tentang kenaikan BBM.

Sebutkan Apa Saja Unsur Kebahasaan Teks Editorial?

Sebutkan Apa Saja Unsur Kebahasaan Teks Editorial?

Adapun aturan untuk menggunakan kaidah bahasa yang tepat untuk digunakan dalam membuat teks editorial. Kaidah ini harus diperhatikan agar teks editorial dapat mudah dibaca. Sebutkan apa saja unsur kebahasaan teks editorial? Kaidah-kaidahnya adalah sebagai berikut:

  1. Adverbia, yaitu kata keterangan, seperti “selalu”, “biasanya”, dan “jarang”.
  2. Konjungsi, adalah kata penghubung antarkalimat, seperti salah satunya adalah “bahkan”
  3. Verba material, adalah suatu kata kerja yang menunjukkan perbuatan fisik, yaitu “membaca”, “menulis”, dan lainnya
  4. Verba relasional, merupakan kata kerja yang mempunyai hubungan intensitas
  5. Verba mental, adalah kata kerja menggambarkan persepsi, afeksi, dan kognisi

5 Langkah Menyusun Teks Editorial?

5 Langkah Menyusun Teks Editorial?

Berbagai hal telah kita bahas tentang teks editorial. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencoba membuat teks editorial? Jika Anda tertarik, maka simak 5 Langkah Menyusun teks editorial? agar kita dapat lebih memahami.

  1. Memilih topik terbaru yang sedang dibicarakan oleh masyarakat
  2. Mengumpulkan data-data untuk memperkuat argumentasi
  3. Menyesuaikan topik dengan pembaca
  4. Membuat kesimpulan yang tegas
  5. Menyunting teks editorial

Itulah kelima langkah pembuatan teks editorial yang dapat Anda terapkan. Memperhatikan hal-hal seperti kaidah kebahasaan tentu harus dilakukan. Mengingat bahwa tulisan Anda akan dibaca oleh banyak orang bahkan dipercayai. Karenanya, sumber yang relevan juga tidak boleh Anda kesampingkan. Setiap argumentasi yang Anda tuliskan harus dapat dipertanggungjawabkan dengan sebagaimana mestinya. Menyusun teks editoriala secara tidak langsung akan melatih Anda untuk menanggapi suatu masalah yang sedang terjadi tanpa sembarangan menulis karena menggunakan sumber yang dapat dipercaya. Semoga membantu!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.