Sebutkan Tahapan Metamorfosis Tidak Sempurna

sebutkan tahapan metamorfosis tidak sempurna

Hai. Pada saat di sekolah sering kali guru menyuruh kita untuk sebutkan tahapan metamorfosis tidak sempurna atau sebutkan tahapan metamorfosis yang sempurna. tetapi pasti beberapa dari kalian belum tau apa itu metamorfosis? Metamorfosis hanya terjadi kepada hewan. Metamorfosis tidak sempurna adalah hewan yang sedang mengalami perubahan bentuk hanya pada saat beberapa tahapan dalam tumbuh kembangnya. Dalam tahapan inilah yang dapat dibedakan antara metamorfosis sempurna dan tidak sempurna

Disini saya akan sebutkan tahapan metamorfosis tidak sempurna. Tahap metamorfosis yang tidak sempurna yakni : Telur > Nimfa > Dewasa.

Nimfa adalah bentuk ukuran hewan saat hewan itu masih muda. Tetapi, bentuk itu tidak mengalami perubahan sampai hewan itu berubah menjadi dewasa.

Tahapan metamorfosis sempurna

Tahapan metamorfosis sempurna

Setelah saya sebutkan tahapan metamorfosis tidak sempurna disini saya akan menjelaskan tahap metamorfosis sempurna. Metamorfosis merupakan sebuah proses berubahnya bentuk dan fungsi tubuh sebuah hewan, namun tidak semua hewan bisa mengalami metamorfosis. Itulah sebabnya daur hidup hewan ada yang mengalami metamorfosis ada pula yang tidak mengalami metamorfosis.

Contoh Metamorfosis Sempurna

Contoh Metamorfosis Sempurna

Setelah mengetahui apa yang dimaksud metamorfosis sempurna dan tidak sempurna, selanjutnya saya akan memberikan Contoh metamorfosis sempurna yang bisa kalian baca, dibawah ini :

  1. Proses Metamorfosis Terhadap Kupu-Kupu
  • Telur

Fase metamorfosis yang pertama terhadap kupu kupu adalah telur, dimana kupu-kupu dewasa berproduksi dan akan meninggalkan telur-telurnya. Telur kupu-kupu ini berisi berbagai macam informasi genetik yang kupu-kupu dewasa letakan di bawah kelopak daun untuk menjaga telur-telurnya. Perlu kalian tahu bahwa telur kupu-kupu sangatlah kecil dan jumlahnya sangat banyak, namun tidak semua sel telur tersebut bisa menetas.

  • Larva

Setelah beberapa telur berhasil menetas, maka fase metamorfosis selanjutnya adalah fase berubah menjadi larva. Larva kupu-kupu memiliki tubuh mirip seperti cacing tetapi bentuknya tidak terlalu panjang. Fase larva ini mempunyai tujuan untuk mengumpulkan energi sebagai bentuk persiapan pada tahap metamorfosis selanjutnya dengan cara banyak makan.

  • Pupa

Fase metamorfosis selanjutnya adalah larva berubah menjadi pupa atau biasa  disebut dengan nama kepompong. Saat fase ini ulat kupu-kupu akan berhenti bergerak dan membuat cangkang yang keras bertujuan untuk melindunginya selama beberapa waktu.

  • Dewasa

Fase metamorfosis yang terakhir adalah setelah pupa akan berubah menjadi kupu-kupu dewasa yang akan mengeluarkan hormon untuk melembutkan cangkangnya yang sebelumnya sangat keras agar ia dapat keluar. Cara kupu-kupu tersebut keluar dari kepompongnya adalah dengan mengepakan sayapnya. Cara inilah yang membuat sayap kupu-kupu yang awalnya terlipat berubah menjadi terbentang dan bisa membuatnya untuk terbang.

Hewan yang Metamorfosis Tidak Sempurna

Hewan yang Metamorfosis Tidak Sempurna

setelah dari metamorfosis yang sempurna sekarang saya akan memberikan contoh Hewan yang metamorfosis tidak sempurna yang mungkin belum kalian ketahui. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna berikut ini:

  • Jangkrik

Jika kalian pernah bermain di taman atau sawah, jangkrik sering kali kalian temui mulai dari ukuran yang kecil sampai besar. Sudah umum, metamorfosis melalui dari 3 tahap yaitu fase telur, fase nimfa, dan fase jangkrik dewasa.

  • Kecoa

kecoa ini sama dengan jangkring berawal dari telur, nimfa, dan kecoa dewasa.

  • Belalang

Berbeda dengan jangkrik, saat berada di fase telur, belalang membutuhkan waktu selama 1 bulan bahkan sampai 10 bulan untuk menetas. Hal ini tergantung dari jenis belalangnya dan kondisi lingkungan sekitar.

Jadi itulah yang bisa saya bahas tentang yang saya sebutkan tahapan metamorfosis tidak sempurna. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.