Sebutkan Tujuan Pembangunan di Bidang Kelautan Indonesia

Sebutkan Tujuan Pembangunan di Bidang Kelautan

Pembangunan di bidang kelautan termasuk kedalam program pemerintah bersama rakyat untuk mewujud cita-cita bangsa yang tercantum dalam Undang-Undang. Berikut ini di sebutkan tujuan pembangunan di bidang kelautan, yaitu :

  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi
  • Meningkatkan kelestarian sumber daya dari laut
  • Pemerataan kesejahteraan
  • Meningkatkan daya saing sumber daya manusia sektor kelautan
  • Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik pada sektor kelautan

Apa Tujuan dari Pembangunan Ekonomi Maritim dan Kelautan?

Apa tujuan dari pembangunan ekonomi maritim dan kelautan?

Setelah di sebutkan tujuan pembangunan di bidang kelautan pada pembahasan diatas, maka kita juga perlu mengetahui, apa tujuan dari pembangunan ekonomi maritim dan kelautan? Berikut ini penjelasan tentang ekonomi maritim dan ekonomi lautan dan juga tujuannya.

Sebelum kita mengetahui tujuan tersebut, ada baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui pengertian dari ekonomi maritim. Ekonomi maritim termasuk kedalam salah satu bentuk sebuah kebijakan yang berfungsi untuk mengatur kegiatan perekonomian di bidang maritim atau kelautan.

Kebijakan seperti ini biasanya diberlakukan pada negara kepulauan. Kegiatan pada ekonomi maritim ini meliputi semua kegiatan kelautan dan berhubungan dengan transportasi laut, seperti industri galangan kapal, pembangunan pelabuhan, perawatan galangan kapal, serta kegiatan opersional yang terjadi di pelabuhan tersebut. Beberapa kegiatan ekonomi maritim yaitu:

  • Industri pembuatan kapal
  • Industri perbaikan kapal
  • Layanan penyebrangan kapal antar pulau dan antar negara
  • Industri logistik
  • Tol laut
  • Jasa navigasi kapal
  • aktivitas perekonomian pelabuhan

Jadi, ekonomi maritim bertujuan untuk membangun daya saing bangsa, meningkatkan muatan armada kapal, dan juga mengembangkan usaha galangan kapal.

Selain itu, kita juga perlu mengetahui tentang ekonomi laut. Ini merupakan aktivitas perekonomian yang berhubungan pada hasil laut. contohnya, nelayan yang menangkap ikan dilaut, dan juga proses memancing ikan dengan kapal khusus yang menggunakan alat modern.

Itulah definisi dari ekonomi laut, dan tentunya definisi tersebut berbeda dengan ekonomi maritim. tujuan dari ekonomi kelautan yaitu membangun daerah atau wilayah di sekitar laut. Kegiatan ini akan menghasilkan barang (produk) maupun jasa.

Bagaimana Arah Pembangunan di Bidang Kelautan di Indonesia?

Bagaimana arah pembangunan di bidang kelautan di Indonesia?

Pembahasan diatas telah di sebutkan tujuan pembangunan di bidang kelautan yaitu tujuan dalam ekonomi maritim dan ekonomi kelautan. Selanjutnya, kita juga perlu mengetahui arah pembangunan ini. Lantas, bagaimana arah pembangunan di bidang kelautan di Indonesia? Berikut ini merupakan arah pembangunan di bidang kelautan di Indonesia yang perlu kita ketahui.

  • Pertumbuhan ekonomi yang tinggi secara berkelanjutan
  • Peningkatan kesejahteraan seluruh pelaku usaha, khususnya nelayan, pembudidaya ikan, serta masyarakat kelautan lain yang berskala kecil
  • Terpeliharanya kelestarian lingkungan dan sumber daya kelautan
  • Menjadikan laut sebagai tegaknya kedaulatan bangsa, dan juga pemersatu bangsa.

Apa Peran dan Fungsi Pembangunan Ekonomi Maritim?

Apa peran dan fungsi pembangunan ekonomi maritim?

Beberapa pembahasan tentang ekonomi maritim dan juga yang telah di di sebutkan tujuan pembangunan di bidang kelautan diatas membuat kita mengetahui lebih jauh tentang bidang kelautan, baik itu ekonomi maritim maupun ekonomi kelautan. Lantas, Apa peran dan fungsi pembangunan ekonomi maritim?

Ekonomi maritim berperan untuk mendapatkan penghasilan melalui kegiatan yang berhubungan dengan laut, seperti mnjaga batas-batas wilayah laut, menjadi objek wisata, serta menambah devisa negara.

Karena peran itu, maka timbul beberapa dampak positif yang tentunya baik bagi masyarakat maupun negara, yaitu investasi, peningkatan produk, penyerapan tenaga kerja, pendapatan dan juga kesejahteraan masyarakat.

Demikianlah beberapa pembahasan mengenai bidang kelautan, telah di sebutkan tujuan pembangunan di bidang kelautan, sampai peran dan fungsi dari pembangunan ekonomi maritim. Semoga pembahasan ini bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.