Sepert Inilah Cara Memasak Babat Sapi agar Empuk!

Cara Memasak Babat Sapi agar Empuk

Halo teman teman bagaimana kabar kalian? Pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang cara memasak babat sapi agar empuk. Babat sapi terbuat dari dinding otot dari ruang lambung di dalam sapi dengan membran mukosa bagian dalam yang telah kita buang terlebih dahulu.

Ruang tersebut terdiri dari rumen (babat handuk), omasum (babat jarit/buku), retikulum (babat tawon/sarang lebah), dan juga abomasum (babat buluh).

Kenapa babat alot? Karena jika babat tidak kita olah dengan benar baunya akan tercium dan teksturnya akan menjadi alot. Gimana? masih penasaran kan tentang cara memasak babat sapi agar empuk. 

Bagaimana Cara Membersihkan Babat agar Tidak Bau?

Bagaimana Cara Membersihkan Babat agar Tidak Bau?

Setelah mengetahui tentang gambaran cara memasak babat sapi agar empuk. Selain dari dagingnya, babat sapi ini juga termasuk di dalam bahan makanan yang sering kita pakai dalam soto betawi. Adapun cara untuk membersihkan babat sapi dan perlu teknik yang tidak sembarangan.

Babat ini adalah lapisan perut sapi yang kita olah sebagai bahan masakan. Adapun teksturnya kenyal, lunak, dan juga memiliki sisi yang kasar. Biasanya warna babat berwarna abu-abu atau juga sedikit kehitaman, tergantung dari bagaimana cara kita membersihkannya. Berikut adalah cara membersihkan babat yang benar:

  1. Membuang Bagian Lemak
    Kalian memerlukan pisau yang tajam untuk memisahkan bagian lemak ini dari babat sapi. Dan jangan lupa, buanglah kotoran di sela-sela bagian babat sapi agar tidak berbau ketika akan dimasak nanti. Bagian tekstur yang kasar pada babat ini dapat digosok menggunakan sikat gigi agar lebih mudah membersihkannya.
  2. Membilas dengan air garam
    Mencuci atau membilas babat adalah faktor yang penting di dalam mengeluarkan bau pada babat sapi. Karena itu, gosok dan bilas babat dengan garam dan juga campuran cuka. Ulangi proses ini sampai tidak ada kotoran yang tertinggal di dalam. Lalu, kerok semua permukaan babat dengan pisau panjang yang tajam. Hal ini berfungsi untuk menghilangkan bau, dan langkah ini juga untuk menghilangkan klorin pemutih pada babat.
  3. Merebus dengan Air Mendidih
    Setelah babat dicuci bersih, masukkan ke dalam panci dan rebuslah dengan air. Di dalam cara membersihkan babat agar tidak bau ini, kalian perlu menambahkan garam di dalamnya. Rebus babat sampai mendidih selama kurang lebih 10 menit. Untuk menambah aroma yang segar, kalian bisa dengan menambahkan beberapa butir daun salam di dalamnya. Rebus hingga babat terasa lunak dan warnanya berubah menjadi pucat. Setelah direbus, buang airnya, lalu bilas babat dengan air dingin beberapa kali sampai bersih.

Bagaimana Cara Merebus Babat Supaya Cepat Empuk?

Bagaimana Cara Merebus Babat Supaya Cepat Empuk?

Setelah membersihkan babat, berikutnya adalah bagaimana cara merebus babat supaya cepat empuk? Ketika sedang merebus jeroan babat masukkan segenggam beras yang sudah dicuci bersih dan panaskan sampai 30 menit. Hal ini untuk membuat babat menjadi lebih empuk. Saat direbus dan keluar buih – buih yang muncul ke permukaan lalu angkat, karena itu adalah sisa-sisa kotoran yang masih menempel di jeroan atau daging dan dapat membuat jeroan bau prengus. Setelah matang angkat dan cuci babat hingga bersih.

Berapa Lama Merebus Babat Sapi agar Empuk?

Berapa Lama Merebus Babat Sapi agar Empuk?

Setelah kita mengetahui bagaimana cara membuat babat dan merebusnya, namun berapa lama merebus babat sapi agar empuk? Merebus babat sapi bersamaan dengan daun salam, lengkuas, serai, jahe, dan daun jeruk hingga empuk. Aroma daun salam dan rempah – rempah tersebut akan menghilangkan bau babat yang kurang sedap. Untuk mempercepat proses perebusan sampai empuk, pakai panci tekan atau presto. Angkat babat setelah 30 menit.

Penutup

Berikut itu adalah cara memasak babat sapi agar empuk yang bisa kalian coba di rumah karena cara memasaknya yang sangat simpel.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.