Sirloin Adalah Jenis Potongan Daging Sapi Bagian?

Sirloin Adalah Jenis Potongan Daging Sapi Bagian

Ketika mengunjungi tempat makan yang memiliki banyak hidangan daging sapi tentu teman-teman biasanya menemui istilah-istilah tertentu bukan. Apakah teman-teman tahu apa saja jenis daging sapi? lalu sirloin adalah jenis potongan daging sapi bagian apa sih? 

Sapi adalah hewan yang biasa diternakkan untuk dimanfaatkan baik susu maupun dagingnya. Selain itu bagian lainnya seperti tanduk, kulit, jeroan dan kotorannya pun dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegunaan tertentu. 

Biasanya pada daging sapi dimanfaatkan untuk diolah dan dimakan, cara mengolahnya pun bermacam-macam mulai dari direbus, digoreng, dibakar, dipanggang dan masih banyak lagi. Namun setiap jenisnya tentu memiliki cara masak tertentu agar rasa dan tekstur yang dihasilkan dapat maksimal. 

Sirloin Daging Sapi Bagian Apa

Sirloin Daging Sapi Bagian Apa? 

Kata sirloin tentu sering teman-teman dengar, namun sebagian orang tidak mengerti apa itu maksudnya. Sirloin adalah jenis potongan daging sapi bagian daging luar, tepatnya di bawah tulang rusuk hingga luar tulang rusuk. 

Daging sirloin ini memiliki tekstur yang berotot dan serat yang kasar serta keras. Hal ini membuatnya lebih sering diolah dengan cara direbus, dibakar atau dipanggang dan dijadikan hidangan berupa yakiniku, shabu-shabu atau steak. Hal itulah yang membuat sirloin adalah jenis potongan daging sapi bagian yang digemari oleh kebanyakan orang. 

Apa Bedanya Daging Sirloin dan Tenderloin? 

Apa Bedanya Daging Sirloin dan Tenderloin? 

Selain sirloin tentu sering juga menemui istilah tenderloin. Tenderloin merupakan bagian yang berapa di bawah tulang rusuk dan di samping tulang punggung. Tenderloin ini memiliki ciri berupa empuk dan cepat matang jika dimasak sehingga sering digunakan untuk memasak steak. 

Jika ditanya apa bedanya daging sirloin dan tenderloin, perbedaanya terdapat pada ciri daging. Jika sirloin adalah jenis potongan daging sapi bagian yang memiliki tekstur berotot dengan serat yang kasar maka tenderloin adalah kebalikannya dengan tekstur yang lembut. Hal itu jugalah yang membuat tenderloin memiliki harga yang lebih mahal. 

Apa saja Jenis Daging Sapi?

Apa saja Jenis Daging Sapi?

Selain tenderloin dan sirloin daging sapi bagian apa, masih banyak jenis-jenis dari daging sapi lainnya yang biasa diolah oleh manusia, yaitu :

  • Rib atau iga
    Rib ini berasal dari sekitar tulang iga atau rusuk sehingga dinamakan daging iga. Bagian ini sangat cocok dijadikan sebagai sup atau dibakar dengan bumbu kecap ataupun madu.
  • Short loin
    Short loin merupakan bagian punggung sapi yang dimana merupakan kualitas terbaik karena lembut dan lunak. Pada umumnya short loin ini sering diolah menjadi steak atau hanya ditumis. 
  • Short plate
    Short plate diambil dari bagian perut. Pada bagian ini biasanya dicirikan dengan bentuk yang panjang mendatar dan tidak begitu lunak. Pada umumnya, short plate diolah menjadi bacon, daging giling dan semur. 
  • Round
    Round diambil dari kaki atau paha belakang sapi yang dimana memiliki tekstur panjang, padat, mengandung sedikit lemak dan berwarna merah muda. Round ini dikarenakan memerlukan diolah dengan waktu yang lama maka sangat cocok dijadikan empal, dendeng dan rendang.
  • Flank
    Flank diambil dari bagian otot perut sapi yang mengandung lebih banyak otot dan lemak. Hal tersebut membuatnya memiliki rasa yang cukup kuat. Pada umumnya flank digunakan untuk membuat semur atau sup dikarenakan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memasaknya. 

Penutup

Teman-teman telah mengerti bukan sirloin adalah jenis potongan daging sapi bagian apa beserta bagian lainnya. Jadi teman-teman tidak perlu bingung lagi nih dan dapat memasaknya dengan cara yang paling efektif agar rasa yang dihasilkan dapat maksimal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.