Tujuan Membuat Telur Asin!

Tujuan Membuat Telur Asin

Telur merupakan salah satu bahan pangan yang dapat dikonsumsi serta mengandung protein. Selain itu, bahan pangan satu ini dapat menggantikan sumber protein lain seperti daging sapi daging ayam dan ikan. Akan tetapi sifatnya mudah untuk busuk atau rusak. Hal ini disebabkan karena, kandungan gizinya yang tinggi sehingga disenangi oleh mikroorganisme seperti bakteri. Oleh karena itu,  Bang harus diawetkan supaya lebih tahan lama. Salah satunya menggunakan teknik diasinkan. Salah satu tujuan membuat telur asin yaitu supaya awet. Jika kalian penasaran dengan tujuan membuat telur asin dan bagaimana proses pembuatannya,  maka  artikel kali ini patut kalian simak.

Jika kalian perhatikan di pasar,  rata-rata  telur  asin yang dijual yaitu telur itik. Hal ini dikarenakan memiliki pori-pori yang lebih besar serta tebal. Sehingga dapat menyerap garam lebih mudah  dan tidak mudah pecah. Akan tetapi,  Jenis telur lainnya seperti ayam dan puyuh Juga dapat diasinkan.

Berikut merupakan tujuan membuat telur asin yaitu :Mengurangi cita rasa amis,  menambah cita rasa, mengawetkan telur atau membuat waktu simpan lebih lama dan encegah kebusukan. Jika kalian tertarik akan telur asin berikut proses pembuatannya.

Bagaimana Teknik Pembuatan Telur Asin ?

Bagaimana Teknik Pembuatan Telur Asin ?

Di bawah ini merupakan  beberapa bahan dan bagaimana teknik pembuatan telur asin ?

Bahan-bahan

  • Garam
  • Telur bebek atau itik
  • Abu  gosok
  • Tanah  liat
  • Amplas

Langkah pembuatannya

  1. Cuci telur bebek atau itik terlebih dahulu hingga bersih.
  2.  iSetelah bersih amplas kulit hingga tipis.
  3. Siapkan abu gosok,  lalu campurkan dengan tanah liat dan garam hingga merata.
  4. Setelah adonan abu gosok, tanah liat dan garam merata. Balurkan  pada seluruh permukaan telur yang telah di amplas.
  5. Setelah dibalurkan,  diamkan pada suhu ruang hingga 20 hari bahkan 3 minggu.
  6. Setelah 20 hari,   bersihkan telur dari adonan tanah liat. Setelah itu, rebus hingga matang dan dapat dikonsumsi. Sajikan dengan nasi putih hangat atau dapat diolah kembali menjadi masakan.    contoh olahan dan masakanya yaitu : Dijadikan saus salted egg, pepes telur asin dan masih banyak lagi.

Apa Tujuan Penambahan Garam Pada Telur Asin ?

Apa Tujuan Penambahan Garam Pada Telur Asin ?

Setelah memahami  langkah-langkah proses pengasinan. Maka dapat kalian simpulkan,   apa tujuan penambahan garam pada telur asin ?. Sama seperti tujuan membuat telur asin   yaitu dapat memiliki beberapa keuntungan. Keuntungan telur yang diberi garam bersifat lebih stabil dan memiliki waktu Simpan yang cukup lama. Selain itu juga dapat menambah cita rasa asin sehingga mengurangi rasa amis pada telur. Selain itu,   dengan  pemberian garam juga lebih  praktis untuk disajikan karena tidak perlu dibumbui kembali.

Pemberian garam memanglah bagus untuk mengawetkan dan mengasingkan,  akan tetapi jangan berlebihan. Hal  ini, dikarenakan dapat merusak kadar protein yang terkandung pada telur. Oleh karena itu, berilah garam secukupnya saja jangan berlebihan agar proses pengasinan tersebut tidak gagal.

Apa Kesimpulan dari Membuat Telur Asin ?

Apa Kesimpulan dari Membuat Telur Asin ?

Setelah mengetahui tujuan dan proses  pengasinan, Maka dapat diketahui apa kesimpulan dari membuat telur asin ? Kesimpulan dari   proses pengasinan yaitu membuat telur lebih awet dan dapat disimpan lebih lama. Selain itu, dapat menjaga kadar protein  dan  citarasa amis. Oleh karena itu, telur asin cocok untuk dikonsumsi segala usia. Akan tetapi tidak baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi karena  kadar garamnya cukup tinggi.

Setelah kalian mengetahui bagaimana proses pengasinan dan tujuannya,  Apakah kalian berminat untuk praktek membuatnya? Semoga berhasil membuatnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.