Uraian Atau Tambahan Informasi Untuk Gagasan Pokok Berupa?

Uraian Atau Tambahan Informasi Untuk Gagasan Pokok Berupa

Halo teman teman sekalian bagaimana kabar kalian? pada kesempatan kali ini aku akan membahas seputar gagasan pokok. Uraian atau tambahan informasi untuk gagasan pokok berupa gagasan pendukung. Gagasan pendukung ini bisa didefinisikan sebagai kalimat kalimat atau ujaran ujaran tambahan yang berisi tentang data penguat yang memberikan informasi yang lebih jelas mengenai topik topik yang sedang dibahas.

Gagasan tambahan atau pendukung ini bisa berupa fakta fakta tambahan ketika berhubungan dengan sebuah opini atau juga argumen, bisa berupa kalimat kalimat penjelas ketika berhubungan dengan deskripsi suatu objek.

Dalam sebuah paragraf terdapat uraian atau tambahan informasi untuk gagasan pokok berupa gagasan pendukung. Gagasan pokok ini adalah ide utama yang dibahas dalam suatu bacaan, bisa berupa inti kalimat atau juga berupa pokok paragraf. Pendukung ini adalah uraian atau tambahan informasi pada gagasan pokok. Gagasan pendukung dalam satu paragraf juga bisa lebih dari satu kalimat

Uraian Atau Tambahan Informasi Untuk Gagasan Pokok Berupa Apa?

Uraian Atau Tambahan Informasi Untuk Gagasan Pokok Berupa apa

Setelah mendapat gambaran tentang gagasan pokok. Kali ini kita akan membahas tentang uraian atau tambahan informasi untuk gagasan pokok berupa apa? Gagasan pendukung  dari gagasan pokok juga biasa diperjelas dengan menggunakan gambar, tabel, grafik, kurva, atau bentuk infografis,angka, survey dan lainnya.

Nah, kita harus mampu membuat kalimat-kalimat yang berfungsi untuk penjelas, untuk menjabarkan gagasan pokok berdasarkan ilustrasi yang kita lihat. Perhatikan apakah ada suatu suasana, aktivitas, atau pesan lainnya yang dapat kita gali dan kaitkan dengan gagasan pokok sehingga paragraf memiliki informasi yang utuh dan lengkap.

Apa Itu Ide Pokok Dan Gagasan Pokok?

Apa Itu Ide Pokok Dan Gagasan Pokok

Kali ini kita akan membahas tentang apa itu ide pokok dan gagasan pokok?  Ide pokok ini disebut juga gagasan utama, kalimat topik, tema, pokok pembicaraan, dan pokok pikiran. Di dalam satu paragraf, paling tidak ada satu kalimat utama yang jadi gagasan utama. Pokok pikiran jadi inti utama dari bacaan, kemudian kalimat selanjutnya adalah pengembangan informasi.

Ciri-ciri ide pokok :

  1. Memiliki kalimat pendukung (kalimat pengembang) atau penjelasan
  2. Ada yang mendukung, baik itu berupa penjelasan atau alasan yang menguatkannya.
  3. Inti dari sebuah paragraf atau pusat pembahasan

Gagasan pokok atau ide pokok adalah gambaran keseluruhan dari suatu paragraf. Selain disebut sebagai ide pokok, gagasan pokok sering disebut sebagai gagasan utama atau pikiran utama. Fungsinya untuk memahami pokok pikiran yang akan disampaikan penulis. Dapat dibilang, gagasan utama ini adalah hal yang penting dalam suatu paragraf.

Agar kamu bisa menemukan sebuah gagasan pokok, sisi pembaca harus bisa membedakan mana kalimat utama dan mana kalimat penjelas. Dari sisi penulis, pada umumnya ide pokok dituangkan dalam sebuah kalimat utama

Ciri ciri dari gagasan pokok :

  1. Biasanya berada di awal, akhir, atau awal dan juga akhir paragraf
  2. Kalimat yang ada di paragraf hanya fokus dengan isi dari topik paragraf.

Bagaimana Cara Kita Bisa Menemukan Gagasan Pokok Dalam Suatu Paragraf?

Bagaimana Cara Kita Bisa Menemukan Gagasan Pokok Dalam Suatu Paragraf?

Setelah mengetahui uraian atau tambahan informasi untuk gagasan pokok berupa gagasan pendukung. kali ini kita akan membahas Bagaimana cara kita bisa menemukan gagasan pokok dalam suatu paragraf? Untuk memudahkan kita mencari sebuah gagasan pokok, penting untuk kita memahami ciri cirinya terlebih dahulu.

Berikut ini ciri ciri dari gagasan pokok :

  1. Berupa satu kalimat lengkap dan utuh berdiri sendiri
  2. Mempunyai arti yang jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lainnya
  3. Mengandung topik permasalahan
  4. Dibentuk tanpa kata sambung maupun transisi

Cara Menemukan Gagasan Pokok / Utama :

  1. Baca dan cermati setiap kalimat di dalam paragraf
  2. Identifikasi ide atau kata benda atau objek yang mendominasi paragraf tersebut
  3. Tentukan 1 kalimat mana yang paling cocok menjadi kalimat utama
  4. Temukan gagasan pokok dalam kalimat utama tersebut

Sekian adalah pembahasan saya tentang uraian atau tambahan informasi untuk gagasan pokok berupa gagasan pendukung, semoga artikel ini dapat bermanfaat, terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.