Warna Ungu Melambangkan Apa sih? Simak Yuk!

Warna Ungu Melambangkan Apa

Halo teman teman, bagaimana kabar kalian? Pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang warna ungu melambangkan apa? Tetapi sebelum itu kita terlebih dahulu harus tahu tentang asal usul warna ini. Ada banyak sekali jenis warna di dunia ini. Di dalam penggunaan umum bahasa Inggris, warna ini adalah perpaduan dari warna biru dan merah.

Di dalam teori warna, warna ini adalah warna apapun yang ada pada diagram kromatisitas CIE atau istilahnya warna yang bisa diturunkan dari warna pada garis ungu. Warna ini pertama kali dicatat sebagai salah satu warna pada tahun 975.

Sebenarnya tidak ada definisi mutlak untuk menerjemahkan warna ini. Jika kita perhatikan warna ungu ini adalah adalah warna yang langka. Sebab di dunia ini jarang sekali ada elemen yang menggunakan warna ini. Bunga bunga dan tumbuhan pun jarang ada yang berwarna ungu ini. Maka dari itu, kita akan mencari tahu macam-macam warna yang dalam bahasa Latin disebut dengan purpura ini.\

Nama Lain Ungu

Nama lain dari warna ini adalah ungu kerajaan, ungu kekaisaran dan juga nama ungu sendiri awalnya mendominasi warna purpura tertentu. Purpura sendiri adalah pewarna yang diambil dari moluska yang ditemukan di tepi kota Tiru Phoenicia kuno yang waktu itu masih merupakan wilayah dari Lebanon.

Warna dari moluska tersebutlah yang nantinya dikenal sebagai warna ungu Tyrian. Warna tersebut berasal dari spesies siput laut yang dikenal dengan nama Bolinus brandaris. Siput ini sangatlah langka karena satu siput ini bobotnya dihargai sama dengan emas.

Untuk memanen siput ini, pembuat warna harus membuka cangkang siput dan mengekstrak lendir penghasil warna ungu untuk selanjutnya dipaparkan pada sinar matahari dalam waktu yang lama. Untuk menghasilkan satu ons warna ungu, pembuat warna ini memerlukan sekitar 250.000 siput Bolinus brandaris.

Pada masa itu warna tersebut adalah simbol dari kerajaan dan otoritas politik sebab hanya kalangan bangsawan dan juga orang kaya saja yang bisa membeli warna tersebut, termasuk sang kaisar. Oleh sebab itu, warna ungu Tyrian disebut sebagai warna ungu kekaisaran dan rakyat kecil pun juga dilarang menggunakan warna tersebut. Jika mencoba melanggar, hukumannya adalah hukuman mati.

Warna ini kemungkinan ditemukan pertama kali peradaban Minoan, peradaban di Kereta, sebuah pulau yang terletak di dekat daratan di Yunani. Saat memberikan audiensi, Alexander Agung, dan juga Kaisar Makedonia dan kaisar dari Kekaisaran Seleukia beserta Raja Ptolemeus Mesir mengenakan pakaian berwarna ungu Tyrian ini. Setelah kalian mengetahui asal usul dari warna ini, langsung saja kita bahas secara mendetail warna ungu melambangkan tentang apa saja.

Apa Makna dari Warna Ungu?

Apa Makna dari Warna Ungu?

Warna ini memiliki banyak sekali makna, dan makna makna ini terbentuk dari perspektif orang, budaya, dan juga sejarah, kali ini kita akan membahas apa makna dari warna ungu? Berikut ini adalah beberapa maknanya:

  • Makna warna ungu secara umum
    Warna ini secara umum diartikan sebagai warna yang unik. Warna yang satu ini juga mempunyai makna yang berkaitan dengan hal hal megah seperti kekuatan spiritual simbol kerajaan, aspirasi tinggi, simbol kebangsaan, simbol misteri dan juga simbol keajaiban.
    warna ini pun merupakan lambang dari sesuatu yang agung dan megah.
    Orang yang berpakaian dengan warna ini akan terlihat menarik dan memancarkan pesona yang tersendiri. Sedangkan orang yang menyukai warna ini memiliki empati yang tinggi dan juga cenderung senang mendahulukan kepentingan orang lain.
  • Dalam Emosi
    Yang unik dari warna ini adalah warna ini menjembatani dua warna antara warna yang hangat dan warna dingin. Ini merupakan hasil pencampuran dari warna merah dan juga biru. Warna ini merupakan corak introspektif yang mampu menghubungkan manusia dengan benak yang lebih mendalam.
    Di dalam keluarga ungu (
    purple) terdiri dari dua jenis warna ungu, yakni warna ungu (purple/ungu merah) dan juga nila (violet/ungu biru). Perbandingan warna ini dengan nila terlihat dari spektrum cahayanya. Sedangkan warna ungu hanyalah suatu kombinasi corak merah dan biru. Dilihat dari getarannya spektrum nila mempunyai getaran yang lebih tinggi.
    Kedua warna ini mempunyai tenaga dan juga kekuatan merah dengan tenaga spiritual serta integritas biru. Perpaduan ungu serta nila ini ibarat perpaduan dari tubuh dan jiwa yang menghasilkan penyeimbang antara spiritual dan juga tenaga rohani manusia.

Warna Ungu Identik Dengan Apa?

Warna Ungu Identik Dengan Apa?

Setelah kita mengetahui warna ungu ini memiliki makna apa, kali ini kita akan membahas warna ungu identik dengan apa? Ternyata warna ini identik dengan banyak hal, salah satunya adalah dengan janda. Mengapa warna ini di indonesia identik dengan janda? Karena warna ini juga disebut warna janda karena mencerminkan kesedihan dari para wanita yang telah ditinggal mati oleh suaminya.

Di luar negeri warna yang satu ini identik dengan kesucian dan juga spiritualitas. Maka dari itu, pada zaman dahulu para raja dan ratu menggunakan warna ini sehingga dianggap sebagai jelmaan atau utusan dari para dewa dewi.

Warna Ungu Tua Melambangkan Apa?

Warna Ungu Tua Melambangkan Apa?

Setelah kita membahas keidentikkan dari warna ungu, sekarang kita akan membahas warna ungu tua melambangkan apa? Berikut ini adalah beberapa lambang dari warna ungu tua :

  1. Keberanian
    Ada penghargaan tertinggi di Amerika yang diberikan untuk militer. Nama penghargaan ini adalah Purple Heart. Penghargaan ini sebelumnya disebut dengan Badge of Military Merit. George Washington membuat penghargaan itu pada tahun 1782. Purple Heart diberikan kepada tentara militer karena tindakan terpujinya. Karena itulah warna ungu melambangkan keberanian dan juga keteguhan hati.
  2. Kreativitas
    Di dalam dunia psikologis, warna ini melambangkan sebuah kreativitas. Karena warna ini dapat memancing munculnya ide baru dan juga motivasi dalam menjalankannya. Dan secara bersamaan, warna ini juga dapat memberikan sensasi yang menenangkan.
  3. Unik dan eksotis
    Kelangkaan dari warna ini dibandingkan dengan warna lainnya membuat warna ini dianggap unik dan juga eksotis. Secara visual, sebenarnya warna ini adalah warna yang paling sulit dibedakan dari warna yang lainnya. Gelombang elektromagnetik dari warna ini juga termasuk yang paling kuat diantara warna warna yang lainnya jika dicek dengan x-ray dan gamma ray. Karena alasan itulah kenapa warna ini kerap dijadikan ilusi Pac-Man atau lilac chaser illusion. Di dalam ilusi ini, awalnya orang akan melihat titik bulat berbentuk melingkar. Setelah dilihat lebih lama, bulatan ini akan menghilang dan hanya akan terlihat lempengan berwarna hijau bergerak dalam lingkaran.

Memang warna yang satu ini adalah warna yang sangat langka, selain terlihat mewah dan misterius, warna ini juga mengandung banyak arti juga. Sekian pembahasan saya tentang warna ungu melambangkan tentang apa. Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman teman semua nya, terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.